Menu

Mode Gelap
Korban Erupsi Gunung Marapi Ditemukan 1,5 Km dari Kawah Cak Imin Resmikan Posko Pemenangan Musannif bin Sanusi (MBS) Perangkat Desa Sekitar Tambang Tantang Asisten Pemerintahan dan Dewan Lihat Objektif Rekrutmen Pekerja PT AMM Golkar Aceh Peringati Maulid Nabi dan Gelar TOT bagi Saksi Pemilu Ratusan Masyarakat Gurah Peukan Bada Juga Rasakan Manfaat Pasar Murah

DAERAH · 15 Jan 2019 07:37 WIB ·

Tiket Aceh-Jakarta Mahal Pengurusan Paspor Naik 65 Persen


 ILUSTRASI | Paspor Indonesia. (sumber:internet) Perbesar

ILUSTRASI | Paspor Indonesia. (sumber:internet)

MEULABOH (RA) – Turunnya harga tiket rute domestik sampai 60 persen, sesuai kesepakatan maskapai penerbangan Indonesia National Air Carriers Association (INACA).

Tak mengurungkan niat masyarakat Aceh yang ingin terbangkan ke Jakarta, melalui rute Kuala Lumpur- Jakarta.

Tingginya minat masyarakat memilih rute tersebut, lantaran dinilai lebih murah, jika dibandingkan terbang langsung dari Aceh-Jakarta.

Kepala Imigrasi II B Meulaboh, Imam Santoso mengatakan mahalnya harga tiket rute domestik yang terjadi beberapa waktu lalu, dinilai mempengaruhi cara berpikir masyarakat Aceh. Tentu pemahami ini dipicu dengan kondisi faktor yang lebih murah.

“Kalau masyarakat terbang rute Aceh, transit di Malaysia baru kemudian terbang ke Jakarta, harga tiketnya lebih murah,” jelasnya, Senin (14/1).

Perbandingan demikian membuat memicu tingginya minat masyarakat untuk membuat passport. “Mengalami peningkatan dalam beberapa pekan terakhir ini,”jawabnya.

Meskipun harga tiket pesawat, resmi telah diturunkan, tambah Imam, minat masyarakat Aceh untuk membuat paspor masih terus meningkat. Ia menuturkan, hal tersebut merupakan hak pribadi masyarakat, apalagi pengurusan pembuatan paspor sekarang lebih mudah dan gampang.

“Wajar saja masyarakat memilih rute luar negeri untuk ke Jakarta, harganya tidak sampai Rp1 juta,” sebutnya.

Data melonjaknya masyarakat mengurus pembuatan paspor mencapi 56 persen, dari biasanya. Mayoritas yang melakukan pembuatan paspor ialah masyarakat menengah atas yang hendak melakukan perjalanan Aceh-Jakarta.

Irvan Mananja, salah seorang warga pesisir Aceh yang turut dalam antrian membuat paspor, mengatakan aktivitas terbang menuju ke Jakarta merupakan rutinitas. Karena perjalan tersebut bagian dari urusan pekerjaan.

“Jika naik harga tiket pesawat tentunya menjadi kendala bagi saya yang sering ke Jakarta. Makanya jika ada solusi lebih murah, kenapa tidak,” katanya.

Sehingga wajar membuat Irvan mencari alternatif lain yang dinilai lebih murah untuk melakukan penerbangan menuju Jakarta. Diakuinya, setelah ia melakukan pengecekan harga pesawat di website penyedia jasa penjualan tiket. Terbang menuju Jakarta via Kuala Lumpur, Malaysia jauh lebih murah.

“Harga tiket lebih murah. Hanya waktu saja yang lebih lama kalau transit di Kuala Lumpur dulu baru ke Jakarta. Makanya saya turut membuat paspor,” ujarnya. (den/mai)

Artikel ini telah dibaca 10 kali

badge-check

Penulis

Comments are closed.

Baca Lainnya

BSI Regional Aceh Dorong Penguatan Transaksi Digital Masjid

28 March 2024 - 19:36 WIB

Dampak Cuaca Ekstrem, Petani di Aceh Tamiang Siram Tanaman 2-3 Kali Sehari

28 March 2024 - 06:23 WIB

Polres Bireuen Musnahkan 27,5 Kg Sabu dan 5000 Butir Ekstasi

25 March 2024 - 18:16 WIB

Kapolres Jatmiko Bangunkan Warga Bireuen untuk Sahur

24 March 2024 - 16:56 WIB

Bahron Bakti Diangkat Jadi Sekda Pidie Jaya

22 March 2024 - 15:02 WIB

Berkah Ramadan, BPKH Serahkan Bantuan Bagi Santri MSBS Aceh Besar

20 March 2024 - 21:20 WIB

Trending di DAERAH