Resmikan Masjid Harun Keuchik Leumik, ini Pesan Plt Gubernur Aceh

Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah meresmikan penggunaan Masjid Haji Keuchik Leumik, Lamseupeng, Kota Banda Aceh, Senin (28/1). Foto Humas Aceh/M Gade

BANDA ACEH (RA) – Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah menyampaikan apresiasi mendalam kepada Haji Harun Keuchik Leumik beserta seluruh keluarga besar, yang dengan semangat dan kerja keras telah berhasil mendirikan sebuah masjid yang diberi nama Masjid Haji Keuchik Leumik.

Dirinya berharap, masjid yang berdiri megah persis di tepi Krueng Aceh tidak hanya digunakan sebagai tempat ibadah mahdhah saja, namun juga digunakan sebagai sarana mewujudkan seluruh kemashlahatan umat Islam seperti yang dicontohkan oleh Baginda Rasullullah SAW.

Baca juga : Plt Gubernur Resmikan Masjid Haji Keuchik Leumik

Sebagaimana diketahui, Aceh sebagai daerah yang melaksanakan Syariat Islam, maka masjid harus benar-benar menjadi lambang syiar agama islam di negeri ini. Karena, berjalannya berbagai aktivitas keagamaan di sebuah masjid menjadi indikator telah membaiknya kehidupan berlandaskan Syariah ditempat itu. Kemakmuran masjid baik dari aspek pelaksanaan shalat jamaah maupun aktivitas keagamaan lainnya merupakan syiar agama yang harus secara terus menerus di kembangkan di bumi Aceh. Untuk mewujudkannya, maka orientasi fungsi harus lebih menonjol dan dominan dibandingkan orientasi fisik bangunannya.

Nova Iriansyah mendorong agar masjid ini benar-benar menjadi pusat pemberdayaan dan pembinaan umat baik aqidah, syariah dan akhlak. Karenanya ada tiga aspek utama yang harus mendapat perhatian kita. Pertama; aspek idarah, titik fokus aspek ini adalah bidang manajemen mulai dari sumber daya manusia sampai kepada mekanisme pengelolaan keuangan secara transparan dan akuntabel.

Kedua ‘imarah, aspek ini menitik beratkan dalam bidang pemakmuran masjid berupa kegiatan-kegiatan pelayanan umat atau jamaah, baik yang berkaitan dengan ibadah khusus atau ibadah umum. Ketiga aspek ri’ayah, yaitu yang menyangkut dengan legalitas bangunan, arsitektur, kebersihan, keindahan, dan segala macam yang berkaitan dengan pembangunan dan perawatan.

Kami sangat yakin Masjid Haji Keuchik Leumik yang telah dibangun ini akan dikelola dengan memperhatikan ketiga aspek tersebut sebagai upaya mewujudkan pengelolaan masjid yang profesional.

“Atas nama pribadi dan Pemerintah Aceh, kami mengucapkan selamat kepada Haji Harun dan seluruh keluarga besar Keuchik Leumik yang telah menginisiasi pendi ri an masjid ini , semoga Allah membalasnya dengan pahala yang setimpal. Karena Rasullullah bersabda dalam satu hadits yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Imam Muslim: “barangsiapa membangun masjid, maka allah akan membangun semisalnya di syurga.”. (slm)