Menu

Mode Gelap
Korban Erupsi Gunung Marapi Ditemukan 1,5 Km dari Kawah Cak Imin Resmikan Posko Pemenangan Musannif bin Sanusi (MBS) Perangkat Desa Sekitar Tambang Tantang Asisten Pemerintahan dan Dewan Lihat Objektif Rekrutmen Pekerja PT AMM Golkar Aceh Peringati Maulid Nabi dan Gelar TOT bagi Saksi Pemilu Ratusan Masyarakat Gurah Peukan Bada Juga Rasakan Manfaat Pasar Murah

UTAMA · 28 Jan 2019 06:16 WIB ·

Megahnya Masjid Haji Keuchik Leumik


 Masjid Haji Keuchik Leumik, Lamseupeng, Kota Banda Aceh.  Foto WhatApp Perbesar

Masjid Haji Keuchik Leumik, Lamseupeng, Kota Banda Aceh. Foto WhatApp

BANDA ACEH (RA) – Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah meresmikan penggunaan Masjid Haji Keuchik Leumik, Lamseupeng, Kota Banda Aceh, Senin (28/1). Masjid berdiri megah diatas lahan seluas 3500 meter tersebut dibangun sepenuhnya oleh keluarga Haji Keuchik Leumik.

Pendiri Masjid Haji Keuchik Leumik, H Harun Keuchik Leumik dalam sambutannya menyampaikan bahwa pembangunan Masjid Haji Keuchik Leumik sepenuhnya dibangun sendiri oleh keluarga Haji Keuchik Leumik dengan tidak mengedarkan proposal atau bantuan dari pihak lain. “Oleh karena itu, masjid ini dengan resmi kita berinama Masjid Haji Keuchik Leumik,” ujarnya.

Bentuk Masjid Harun Keuchik Leumik terinspirasi dari bangunan masjid bergaya timur dengan dengan semua desaian relif dilakukan langsung oleh H. Kamaruzzaman Harun Keuchik Leumik yang sehari – hari dipanggil dengan Memed, putra Harun Keuchik Leumik.  “Relif digunakan perpaduan antara masjid madinah, maroko, spanyol Al- Hamra,” kata Hatun Keuchik Leumik.

Sebenarnya, kata Harun Keuchik Leumik, pihaknya telah sangat lama menggantungkan keinginan untuk membangun sebuah masjid di tengah – tengah Gampong Lamseupeung, untuk kemudian masjid tersebut diserahkan kepada masyarakat. Namun karena tidak ada tanah yang dapat digunakan yang persis letaknya di tengah – tengah Gampong Lamseupeng, akhirnya pihaknya memanfaatkan tanah komplek Balai Pengajian Haji Keuchik Leumik yang luasnya lebih kurang hampir 3500 meter.

“Untuk mewujudkan niat kami membangun sebuah masjid yang kami berinama Haji Keuchik Leumik, yaitu tabalan nama almarhum ayah saya Haji Keuchik Leumik,” kata Haji Harun.

Masjid megah tersebut pembangunannya dimulai pada 10 Juli 2016, peletakan batu pertama waktu itu dilakukan oleh Imam Besar Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh, Prof Dr Azman Ismail MA, bersama Walikota Banda Aceh Hj Illiza Saa’duddin Djamal, keuchik dan imam gampong serta keluarga Haji Keuchik Leumik.

Masjid tersebut, memiliki luas 34 x 22 meter persegi dibangun diatas tanah seluas 2500 meter persegi, luas komplek mencapai 3500 meter. Struktur bangunan masjid tersebut konstruksi pondamennya dirancang oleh Herry dengan konsultannya Akmal ST dari Fakultas Teknik Unsyiah. Pada bagian atas masjid terdapat satu kubah besar dan empat kubah kecil dengan sebuah menara yang tingginya mencapai 52 meter. (slm)

Artikel ini telah dibaca 8 kali

badge-check

Penulis

Comments are closed.

Baca Lainnya

Antisipasi Praktik Curang Penjualan BBM, Polisi Cek Sejumlah SPBU di Gayo Lues

28 March 2024 - 22:25 WIB

Dirlantas Polda Aceh bersama IMBI Bagikan Takjil dan Beras kepada Pengendara

28 March 2024 - 21:06 WIB

Modus Penipuan Catut Namanya Kembali Terjadi, Ini Klarifikasi dan Himbauan Haji Uma

28 March 2024 - 21:00 WIB

Ditlantas Polda Aceh dan IMBI Aceh Bagikan Sembako dan Takjil

28 March 2024 - 19:06 WIB

Kapolda Aceh Perintahkan Jajarannya untuk Tindak SPBU Nakal

28 March 2024 - 17:27 WIB

Kemenhub RI Diingatkan Soal UUPA Dibalik Rencana Pengurangan Bandara Internasional

28 March 2024 - 00:00 WIB

Trending di UTAMA