Petugas BPJS Akan Lakukan Pendataan

Peserta Pelatihan SUSENAS (Surve Sosial Ekonomi Nasional) BPJS Gayo Lues foto bersama, Kamis (7/2). FOR RAKYAT ACEH

BLANGKEJEREN (RA) – Masyarakat Gayo Lues diminta memberikan keterangan jujur saat petugas BPJS melakukan pendataan. Kegiatan pendataan ini perlu didukung oleh semua pihak untuk pencapaian hasil data yang lebih baik.

“Kita harapkan data ini nanti bisa dijadikan sebagai acuan membangun daerah, khusunya dalam mempercepat peningkatan ekonomi masyarakat,” kata Sekda Gayo Lues, H Thalib, dalam pembukaan Pelatihan Susenas (Surve Sosial Ekonomi Nasional) BPJS Gayo Lues.

Kegiatan pelatihan Susenas gelombang kedua kali ini, diikuti oleh 5 pengawas dan 15 pencacah Gayo Lues, Kamis (7/2).

Dalam kesempatan itu Sekda juga menghimbau kepada seluruh Camat dan Keuchik untuk mendukung proses pendataan yang dilakukan oleh BPJS ke desa-desa. Kejujuran masyarakat sangat diperlukan agar data yang diserap betul dan bisa akurat.

“Selama ini masih banyak masyarakat saat dilakukan pendataan tidak jujur. Ada ternak bilangmya tidak miliki ternak, ada kebun dibilang tak miliki kebun. Sikap tidak jujur seperti inilah yang perlu dihilangkan,” ungkapnya.

Sementara Kepala BPJS Gayo Lues, Sardi menegaskan, Susenas ini dilaksanakan tidak ada hubungnya dengan politik. Setiap tahunnya tetap dilaksanakan diawal tahun dan akhir tahun. Kebetulan saja tahun ini bersamaan dengan Pemilu.

“Kita berharap para peserta bisa mengikuti pelatihan dengan baik. Persiapan SDM pencacah ini betul diselekai minimal tamatan SLTA dan Sarjana. Begitu juga kepada seluruh masyarakat agar jujur memberikan data kepada para pencacah.

Namun, tidak semua desa yang akan disurvei. “Kali ini dari 11 kecamatan hanya 51 desa yang akan di survei. Dan sistemnya nanti akan dilakukan secara acak,” tutup Sardi. (yud/han)