Aksi Protes Mingguan, Dua Pemuda Palestina Meninggal Akibat Tembakan Israel

Palestina (Jerusalem Post)

Harianrakyataceh.com – Dua pemuda Palestina meninggal dunia akibat tembakan pasukan Israel pada hari Jumat (8/2). Kejadian itu terjadi selama protes mingguan di dekat pagar Israel di sebelah timur Jalur Gaza.

Menurut keterangan Kementerian Kesehatan Palestina di daerah kantung yang dikepung itu, korban meninggal adalah Hasan Shalabi, berusia 14 tahun dan Hamza Shteiwi berusia 18 tahun.

Selain itu, sebanyak 17 warga Palestina lainnya ditembak di berbagai tempat protes di sepanjang pagar, termasuk dua wartawan dan empat petugas medis.

Menurut kantor berita Palestina Maan, pasukan Israel menembakkan tabung gas air mata ke sebuah ambulans dan menyemprot para demonstran dengan air limbah yang ditingkatkan secara kimia di sebelah timur Khan Younis.

Pihak militer Israel menolak mengomentari kematian itu. Namun mereka mengklaim ada 6.700 demonstran telah melakukan protes di sepanjang perbatasan.

“Mereka melemparkan batu ke pasukan (Israel) dan menuju pagar keamanan, serta sejumlah alat peledak yang tidak melintasi pagar,” kata seorang jurubicara, seperti dimuat Al Jazeera.

Warga Palestina selama hampir satu tahun berkumpul setiap minggu di dekat pagar Israel untuk protes tidak bersenjata, sebagai bagian dari aksi unjuk rasa Great March of Return yang dimulai pada 30 Maret 2018. Para pemrotes juga menuntut Israel untuk mengakhiri blokade 12 tahun dari jalur pantai.[mel]