Puting Beliung Landa Wih Pesam

Sedikitnya 13 rumah warga dan satu meunasah rusak pada bagian atap akibat dihantam angin puting beliung di Kampung Wih Pesam dan Kampung Pante Raya,Kecamatan Wih Pesam, Bener Meriah, Minggu (10/2).

13 Rumah dan Meunasah Rusak

REDELONG (RA) – Sedikitnya 13 rumah warga dan satu meunasah rusak pada bagian atap akibat dihantam angin puting beliung di Kampung Wih Pesam dan Kampung Pante Raya, Kecamatan Wih Pesam, Bener Meriah, sekitar pukul 17.10 WIB, Sabtu (9/2).

Menurut Camat Wih Pesam Iwan Pasha, sebelum peristiwa terjadi cuaca sangat panas, namun sorenya cuaca tiba-tiba mendung juga disertai gerimis.

“Kabut semakin tebal dan disertai hujan gerimis, tiba – tiba warga dikejutkan dengan suara seng rumah yang diterbangkan angin yang berputar-putar ke atas,” ungkap Iwan, Minggu (10/2).

Hasil pendataan pihaknya, 13 rumah rusak di bagian atap termasuk meunasah Al-Fitrah di Dusun Wih Bengi, Kampung Wih Pesam.

Usai kejadian, pihaknya bersama BPBD Kababutan Bener Meriah, Anggota Koramil 11/Wih Pesam, anggota gabungan Polres, PLN, PSC 119 Bener Meriah dan masyarakat langsung ke lokasi membantu para korban.

Kapolres Bener Meriah, AKBP Fahmi Irwan Ramli menambahkan dalam peristiwa itu penginapan syariah turut rusak dinding dan atap. Pihaknya memperkirakan kerugian materi sekitar Rp150 juta.

Kabid Kedaruratan BPBD Bener Meriah, Safriadi mengaku pihaknya telah menyalurkan bantuan kedaruratan berupa logistik pada korban. Selain itu juga akan segera membangun tenda darurat.

”Kita juga sudah menerjunkan tim untuk membersihkan dan mengumpulkan material yang rusak,” ujarnya.

Terkait dengan kerusakan rumah warga, ia menyebutkan saat ini menunggu arahan Plt Bupati Bener Meriah. (uri/mai)