Unimal Gelar Ujian Profesi Advokat APSI

Ist

LHOKSEUMAWE (RA) – Ujian Profesi Advokat (UPA) Asosiasi Pengacara Syari’ah Indonesia (APSI) digelar Minggu (10/2), di kampus Magister Hukum, Universitas Malikussaleh, Lhokseumawe. Ini merupakan Ujian gelombang I 2019 untuk wilayah Aceh.

UPA ini merupakan kelanjutan dari kegiatan pendidikan dan pelatihan profesi Advokat yang dilaksanakan tanggal 18 sampai dengan tanggal 27 Januari 2019, atas kerja sama APSI dan FH Unimal.

“Ujian ini diikuti oleh 13 orang peserta. Komponen soal yang harus dikerjakan oleh peserta terdiri dari 2 macam yaitu soal multiple choice dan essay,” ujar Armia, SH,MH, selaku panitia ujian yang juga dosen FH Unimal ini.

Wakil Ketua DPP APSI, Bahrul Ulum, SH., MH yang hadir meninjau pelaksanaan UPA menjelaskan bahwa “Ujian Profesi Advokat ini merupakan salah satu bagian dari tahapan bagi sarjana hukum untuk menjadi advokat.

Setelah lulus UPA dan melengkapi persyaratan lainnya, akan dilanjutkan dengan pengambilan sumpah dan janji advokat di Pengadilan Tinggi sesuai dengan daerah domisili.

APSI sebagai organisasi Advokat sebagaimana tertuang dalam Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2003 tentang Advokat, berkomitmen untuk mencetak advokat yang mandiri dan profesional”. Pungkasnya.(rel/msi)