Ulama Minta Jokowi Tambah Kuota Haji

Sekber pemenangan silaturtahmi dengan MUNA di Banda Aceh, Senin (11/2). Rakyat Aceh

BANDA ACEH (RA) – Sebanyak 30 ulama dari berbagai daerah di Aceh yang tergabung dalam Majelis Ulama Nanggroe Aceh (Muna), mendatangi Sekretaris Bersama (Sekber) Pemenangan Caleg DPR RI Nasdem.

Kedatangan mereka disambut Ketua Sekber, Kamaruddin Abubakar dan Juru Bicara Sekber, Teungku Adnan Beuransyah.

Dalam pertemuan tersebut, kedua pihak membahas seputaran fungsi Sekber. Dikatakan Adnan, bahwa Muna juga menyampaikan sejumlah aspirasi kepada Sekber, untuk diperjuangkan jika Jokowi-Ma’ruf dan empat Caleg DPR RI dari Nasdem terpilih.

Hal utama yang diminta Muna, berupa penambahan jumlah kuota haji untuk Aceh. “Kenapa perlu kuota haji, karena mengingat calon jamaah haji Aceh butuh waktu tunggu 20 tahun untuk bisa menunaikan rukun Islam kelima itu,” tuturnya, Selasa (12/2).

Selain itu, Muna juga meminta agar Jokowi-Ma’ruf memperjuangkan beasiswa untuk dayah. Turut pula disinggung mengenai pemindahan monumen titik nol Islam di Nusantara, dari Barus ke Aceh.

“Karena selama ini sudah terlanjur disahkan titik nol peradaban Islam itu di Barus, Sumatera Utara. Pihak Muna ingin pemerintah mengembalikan posisi tersebut ke Peureulak, sesuai dengan sejarahnya,” terang Adnan. (icm/mai)