Lima Kuliner yang Wajib Dicoba saat Melancong ke Aceh

PROVINSI Aceh merupakan salah satu daerah istimewa di Indonesia yang populer akan kelezatan kulinernya. Makanan-makanan di sini dimasak dengan bumbu rempah yang melimpah, sehingga memiliki cita rasa yang nikmat.

Selain itu, orang Aceh juga terkenal senang makan. tak heran kalau Anda akan dengan mudah menemukan tempat makan di Tanah Rencong ini. Mulai kaki lima sampai restoran bintang lima. Nah, berikut rekomendasi kuliner lezat yang wajib dicoba saat bertandang ke Banda Aceh:

1. Ayam Tangkap

Ayam tangkap menjadi kuliner yang wajib diicip saat berkunjung ke Aceh. Menu makanan yang satu ini dimasak dengan bermacam rempah dan bumbu lengkap. Salah satunyadaun temurui/daun kari yang dicampur dengan bawang dan cabai hijau.

Jenis ayam yang dipakai dalam kuliner ini hanya ayam kampung, sehingga rasanya tidak hanya lezat, tapi juga empuk dan gurih. Biasanya ayam tangkap disajikan dengan
bumbu kecap dan nasi hangat.

2. Mie Aceh

Mie Aceh merupakan salah satu kuliner primadona di Banda Aceh. Begitu lezatnya, makanan ini bahkan sudah terkenal sampai kancah dunia. Tidak heran kalau salah satu produsen mie instan menggunakan mie Aceh sebagai salah satu varian produknya.

Tidak seperti mie lain pada umumnya, mie Aceh dimasak dengan bumbu rempah yang lengkap. Mienya juga sedikit lebih tebal, dengan rasa dominan gurih pedas. Penyajiannya pun bisa digoreng atau dimasak berkuah. Penasaran?

3. Bu Sie Itek

Jika Anda menggemari kuliner berbahan dasar bebek, maka bu sie itek tidak boleh dilewatkan. Menu makanan yang jika diterjemahkan berarti nasi gulai bebek ini begitu disukai masyarakat Aceh dan wisatawan karena cita rasanya yang lezat.

Bu sie itek memiliki kuah kari yang gurih dan bumbu penuh rempah khas Aceh yang nendang. Bu sie itek sendiri terdiri dari 2 varian: bu sie itek meurah dan bu sie itek putih. Bedanya ada pada rasa dan penyajian. Bu sie itek meurah rasanya cukup pedas karena dimasak dengan cabai merah. Sedangkan yang puteh lebih mirip opor ayam.

4. Ikan Kayu

Eits, jangan dulu terkecoh dengan namanya. Bukan berarti kuliner ini dibuat dari kayu, lho. Makanan yang oleh warga Aceh disebut dengan eungkot Keumamah ini merupakan menu turun-temurun yang sudah ada sejak zaman Perang Aceh.

Ikan kayu lezat dimasak dengan dikeringkan lalu dipadukan dengan gulai Aceh. Jika sudah benar-benar kering, ikan kayu tahan sampai bertahun-tahun. Pantas saja ya makanan ini jadi andalan zaman peperangan dulu. Selain rasanya nikmat, ikan kayu juga tahan lama.

5. Sate Matang

Tiap daerah umumnya memiliki sate khasnya masing-masing. Nah, di Banda Aceh juga ada satu kuliner berbahan dasar daging yang dinamakan sate matang. Bedanya dengan sate lain adalah penyajiannya.

Sate matang disantap dengan bumbu kacang dan kuah kari yang gurih. Hidangan ini cukup populer di Aceh. Jadi jangan heran jika Anda akan banyak menjumpai warung sate matang di kanan kiri jalanan kota ini. Itulah beberapa kuliner lezat khas Serambi Mekah yang wajib hukumnya dicoba saat Anda berkunjung ke Aceh.

Tertarik untuk mencobanya satu per satu? Yuk, liburan sekarang. Anda bisa cek harga tiket pesawat ke Aceh di sini.(flo/jpnn)