HUT Kota Takengon Meriah

Warga Aceh Tengah melakukan karnaval, Minggu (24/2). JURNALISA/RAKYAT ACEH

TAKENGON (RA) – Hari Ulang Tahun Kota Takengon ke-442 berlangsung dalam suasana meriah, Sabtu (23/2).

Dirangkai acara karnaval budaya, ribuan pelajar tingkat SD, SMP dan SMA sederajat, dengan mengenakan pakaian adat dari berbagai etnis, turun ke jalan protokol, Sabtu (23/2) pagi.

Sebelum turun kejalan, para peserta karnaval tersebut dilepas oleh Bupati Shabela Abubakar di halaman Kantor Setdakab setempat.

Pantauan Rakyat Aceh, pada pelaksanaan itu, Bupati Shabela di dampingi sejumlah pejabat daerah dari unsur Forkopimda dan para Kepala SKPK.

Dikawal mobil Patwal Polres Aceh Tengah para peserta karnaval mulai berjalan beiringan melewati tribun, sambil sekali-sekali melambaikan tangan kepada para undangan.

Bahkan ada peserta sambil lewat menyempatkan diri hanya sekedar bersalaman dengan orang nomor satu di Aceh Tengah itu.

Peserta selain mengenakan pakai adat setempat, seperti kerawang Gayo, sebagian juga ada yang mengenakan pakaian adat Aceh, Jawa, Minang dan beragam etnis.

Bahkan uniknya lagi, ada peserta berlagak seperti dokter, tentara, polisi, ASN, petani, nelayan, wartawan dan berbagai profesi turut ditiru peserta.

Kadis Pendidikan Aceh Tengah, Uswatuddin mengatakan, pelaksanaan karnaval budaya ini bagian kegiatan yang disukai para pelajar.

“Karnaval budaya kegiatan favorit dan sangat antusias diikuti para pelajar,” ujar Uswatuddin.

Pawai karnaval yang berlanjut hingga siang hari itu semakin meriah dengan tampilnya sejumlah atraksi yang ditampilkan peserta, seperti tari munalo dan marching band.

HUT Kota Takengon ke-442 tahun ini terbilang meriah, selain karnaval budaya, kegiatan juga diisi dengan sejumlah agenda kegiatan lainnya. (jur/han)