Mantan GAM Laporkan Sandiaga Uno

Sandiaga Uno mengajak ketua Sahabat Prabowo Sandi Mahfudz Loethan dan Pride Aceh, Raji Firdana saat acara Aceh Milenial Fest/Ist

BANDA ACEH (RA) – Mantan Kombatan Gerakan Aceh Merdeka (GAM) melaporkan Calon Wakil Presiden (Cawapres) nomor urut 02, Sandiaga Uno dan Koordinator Juru Bicara kubu 02 Dahnil Anzar Simanjuntak ke polisi.

Pelaporan ini atas pernyataannya terkait tanah Hak Guna Usaha (HGU) Prabowo Subianto di Aceh digunakan oleh mantan aktivis GAM.

“Laporan tersebut terkait pernyataan keduanya di media beberapa waktu yang lalu yang mengatakan bahwa lahan Prabowo di Aceh Tengah dan Bener Meriah dimanfaatkan oleh eks kombatan GAM,” ujar Eks Panglima GAM Linge, Fauzan Azima, Senin (25/2).

Sampai berita ini diterbitkan, laporan polisi ini sedang dilakukan di Polda Aceh. Namun, Fauzan tidak turut hadir sebab tengah berada di luar kota. Pelaporan dilakukan oleh 11 kombatan GAM yang telah memberikan kuasa terhadap Pengacara, Muhammad Reza Maulana dan Dennie Arie Mahesa.

“Saat ini sedang berlangsung di Polda Aceh. Mereka (pelapor) sudah di Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) Polda Aceh,” kata Fauzan.

Menurut mereka, pernyataan Sandi dan Dahnil telah mencoreng nama baik para kombatan GAM. Sehingga perlu diproses secara hukum.

“Pernyataan tersebut telah mencemarkan nama baik kami selaku mantan kombatan GAM yang tidak pernah memanfaatkan lahan prabowo tersebut,” imbuh Fauzan.

Lebih lanjut, Fauzan berharap langkah ini bisa menjadi pelajaran bagi siapapun, agar tidak seenaknya memberikan pernyataan ke publik. Apalagi jika pernyataan tersebut tidak sesuai dengan fakta.

“Hal tersebut kami lakukan sebagai pelajaran kepada siapapun atau apapun jabatan mereka, serta apapun cita-cita mereka tidak boleh mengkambinghitamkan pihak lain dengan cara-cara yang tidak terpuji, terutama berdusta,” pungkasnya.

Sebelumnya, Sandi mengatakan, jika tanah Prabowo di Aceh dimanfaatkan oleh kombatan GAM untuk memperbaiki kondisi ekonomi mereka.

Sementara itu Dahnil mengaku, sudah berkomunikasi dengan mantan aktivis GAM ini. Mereka disebut marah atas ucapan petahana, Joko Widodo (Jokowi) yang menyinggung tanah Prabowo di Aceh.

Sebab, menurutnya tanah HGU itu sudah memberikan manfaat bagi kehidupan warga setempat. (jur/jpg/mai)