Kapolda Lantik 217 Bintara Perbatasan

Kapolda Aceh, Irjen Pol Rio S Djambak, menyematkan medali dan piagam penghargaan kepada tiga bintara yang berprestasi di SPN Seulawah, Saree, Aceh Besar. Rakyat Aceh

ACEH BESAR (RA) – Kapolda Aceh Irjen Pol Rio S Djambak, melantik dan mengambil sumpah sebanyak 217 Bintara Polri Perbatasan tahun anggaran 2019 yang telah menyelesaikan pendidikan Bintara di SPN Seulawah, Saree, Aceh Besar.

Pelantikan dan pengambilan sumpah bintara itu berlangsung dalam sebuah upacara, Senin (4/2) pagi dilapangan Tribrata, SPN setempat dan dihadiri para pejabat utama dan sejumlah perwira Polda Aceh, Kapolresta Banda Aceh, Kapolres Aceh Besar, Kapolres Pidie serta Ketua dan sejumlah PD Bhayangkari Aceh.

Selain itu, juga hadir Danrindam IM, Bupati Pidie, Pidie Jaya dan mewakili Bupati Aceh Besar serta tokoh agama dan masyarakat lainnya.

Saat upacara pelantikan dan pengambilan sumpah bintara itu, tampak hadir para orang tua Bintara tersebut.

Kapolda dalam upacara tersebut, juga menyerahkan medali dan piagam penghargaan kepada tiga bintara yang berprestasi.

Kapolda dalam kesempatan itu membacakan amanat tertulis Kapolri Jenderal Polisi, H Muhammad Tito Karnavian, diantaranya mengatakan pada kesempatan yang penuh dengan kehormatan, kebanggaan dan kebahagiaan ini, saya mengucapkan selamat kepada 8.389 bintara remaja, terdiri atas 7.991 pria dan 398 wanita, yang telah berhasil menyelesaikan pendidikan pembentukan Bintara Polri yang berlangsung selama 7 bulan dan berhak menyandang pangkat Brigadir Polisi Dua.

“Keberhasilan dalam mengikuti dan menyelesaikan pendidikan, merupakan anugerah Allah SWT yang harus senantiasa saudara syukuri,” kata Kapolda.

Puluhan ribu pemuda dan pemudi di seluruh tanah air memiliki cita-cita menjadi anggota Polri. Namun demikian, hanya sebagian kecil dari mereka yang mendapatkan kesempatan untuk mengikuti pendidikan dan dilantik menjadi anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia.

Oleh karena itu, wujudkan rasa syukur tersebut dengan tekad dan niat yang kuat untuk senantiasa memberikan pengabdian dan kinerja terbaik selaku anggota Polri, dalam memelihara kamtibmas, menegakkan hukum serta memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat.

Katanya, ingat pula bahwa keberhasilan menyelesaikan pendidikan pembentukan Bintara Polri, tidak terlepas dari doa dan dukungan keluarga.

Perjuangan orang tua untuk mengasuh dan mendidik hingga berhasil seperti saat ini, tidak boleh dilupakan. Oleh karena itu, ucapkan terima kasih atas perjuangan dan doa orang tua. “Berjanjilah kepada mereka untuk senantiasa menjadi personel Polri yang berprestasi, menjaga kehormatan diri dan institusi, serta menjadi teladan dan kebanggaan bagi masyarakat, bangsa dan negara, kata Kapolda.

Kata Kapolda Aceh, pelantikan hari ini merupakan langkah awal dalam perjalanan karier sebagai anggota Polri. Masih sangat panjang medan tugas yang akan saudara tempuh. Masih sangat banyak tantangan tugas yang akan saudara hadapi.

“Seiring perkembangan kehidupan masyarakat yang semakin kompleks, maka tugas-tugas yang akan saudara hadapi sebagai anggota Polri, juga akan semakin penuh dengan tantangan,” kata Kapolda lagi.

Seusai upacara itu, diwarnai pembacaan Asmaul Husna dan atraksi lainnya yang diperagakan oleh para bintara yang baru dilantik dan diambil sumpah tersebut. (ril/bai)