BPBK Abdya Salurkan Bantuan

Pihak BPBK Abdya yang didampingi TNI Polri menyerahkan bantuan sembako untuk korban banjir, Selasa (12/3). RAHMAD/RAKYAT ACEH

BLANGPIDIE (RA) – Hujan deras yang melanda wilayah Abdya dan sekitarnya pada Senin (11/3) sore kemarin hingga malam, mengakibatkan sejumlah pemukiman dalam empat kecamatan di wilayah setempat terendam banjir.

Tidak tinggal diam, pihak Badan Penanggulangan Bencana Kabupaten (BPBK) Abdya, Selasa (12/3) bergerak cepat meninjau sejumlah kolasi saat banjir. Selanjutnya menyalurkan sejumlah jenis bantuan berupa sombako kepada korban.

Kepala BPBK Abdya, Amiruddin mengatakan, hujan yang terjadi sejak sore kemarin hingga malam terjadi luapan air sungai disejumlah wilayah. Namun, yang paling parah di Desa Kuta Bahagia dan Desa Pawoh.

“Ada empat kecamatan yang terandam banjir akibat hujan semalam yang hujannya dimilai sejak sore. Tapi yang paling parah di Desa Kuta Bahagia Kecamatan Blangpidie dan Desa Pawoh Kecamatan Susoh,” katanya.

Amir menyebutkan, selain Kecamatan Blangpidie dan Susoh banjir juga dirasakan oleh warga Kecamatan Lembah Sabil dan Kecamatan Manggeng. “Kalau di Kecamatan Susoh yang parah di Desa Pawoh dengan jumlah sebanyak 66 rumah,” sebutnya.

Sedangkan untuk gampong Kuta Bahagia, Kecamatan Blangpidie pihaknya menerima data korban banjir sebanyak 70 rumah.

“Jadi itu kita salurkan bantuan sesuai dengan data yang kita terima, seperti ke Pawoh dengan jumlah kita salurkan bantuan berupa beras 66 sak, mie instan 66 kotak, air mineral gelas 66 kotak dan gula 66 kg, sedangkan di Gampong kuta bahagia, beras 70 sak, mie instan, 70 kotak, air 70 kotak dan gula sekitar 70 kg juga. Itu data sementara, belum termasuk data dari dua kecamatan lain,” katanya.

Menurut Amir, banjir itu terjadi disebabkan karena derasnya hujan sehingga sejumlah sungai meluap dan sejumlah pemukiman lainnya tergenang air. “Banjir karena ada sungai yang meluap dan ada juga yang tergenang air, karena hujan deras sekali,” katanya. (mag-80/bai)