KIP Aceh Barat menggelar kampanye Pemilu melalui rekreasi sosialisasi dan clien up di Pantai Lhok Bubon, Aceh Barat, Minggu (17/3).

MEULABOH (RA) – Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh Barat, tergetkan 85 persen partisipisi pemilih di kabupaten tersebut.

Dari Daftar Pemilih Tetap (DPT) 133.692 yang telah dilakukan perbaikan melalui pleno. Terdaftar 18 partai peserta Pemilu dari 20 partai politik, terdata 333 calon legislatif untuk lima daerah pemilihan, di daerah itu.

Komisioner KIP Aceh Barat, Saiful Asra, M.Soc.Sc sekaligus Ketua Divisi Sistem Informasi Pemilu dan Partisipasi Masyarakat dan Sumber daya Masyarakat (Siparmas dan SDM), Minggu (17/3) kemarin, menuturkan tahapan yang telah dilakukan sosialisasi kepada masyarakat melalui berbagai agenda kegiatan, seperti pemilih pemula, pemilih perempuan, pemilih disabilitas, dan masyarakat umum.

Dari sejumlah kegiatan tersebut, Saiful optimis partisipasi pemilih pada Pemilu 2019, bisa mencapai 85 persen, dengan melihat penuhnya antusias masyarakat dalam menyimak teknis tatacara pemilihan dalam menyalurkan hak pilihnya.

Selain itu, sambung Saiful, sebanyak 11 sekmen relawan demokrasi (relasi) KIP, diantara lain, basis perempuan, basis keluarga, basis pemuda, basis pemula, basis disabilitas, basis marjinal, basis berkebutuhan khusus, basis netizen, basis komunitas, basis keagamaan, dan basis relawan demokrasi.

Relasi KIP ini, uncap Saiful, telah sangat gencar dan aktif melakukan kampanye “sadar memilih“ di tengah masyarakat untuk meningkatkan angka partisipasi masyarakat dalam pemilu 2019. “Relasi ini mulai gencar melakukan tugasnya sejak bulan Februari 2019 sampai sekarang,” sebutnya.

Lebih lanjut dikatakan, kini KIP Aceh Barat kembali menggelar kampaye partisipasi masyarakat dalam Pemilu dengan bertajuk rekreasi sosialisasi dan clien up di Pantai Lhok Bubon, Aceh Barat. “Alhamdulilah meriah, mencapai 700 masyarakat dari sekmen mahasiswa, pemuda, dan aktivis lingkungan yang hadir,”detil Saiful.

Dalam rekreasi sosialisasi dan clien up tersebut, sebut Saiful, KIP memberikan pendidikan kepemiluan tentang tatacara memilih kepada peserta yang hadir. “Ada pesan khusus juga, kami meminta seluruh peserta, mulai dulu dari keluarga, untuk dapat hadir pada Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada 17 April 2019 mendatang,” pintanya.

Target 85 persen ini, kata Saiful, usai mengkaji berbagai pengalaman pelaksanaan Pemilu di Aceh Barat, yang tidak pernah di atas 85 persen angka partisipasi. “Pilpres 2014 yang ada terjadi angka menurun partisipasi mencapai 79 persen,” jelasnya.(den/han)