Nova ; Pemilu harus Bebas dari Hoax

BANDA ACEH (RA) – Pelaksana Tugas Gubernur Aceh Nova Iriansyah menyampaikan, para pemangku kebijakan memiliki tugas besar untuk menyelenggarakan Pemilu yang Luber, Jurdil dan bebas hoax.

Imbauan tersebut disampaikan oleh Pelaksana Tugas Gubernur Aceh Nova Iriansyah, dalam sambutannya saat membuka secara resmi Rapat Koordinasi Kesiapan Pemilu Tahun 2019, di Ruang Serbaguna Setda Aceh, Selasa (26/3/2019) pagi.

” Forkorpimda Aceh, Pimpinan Daerah Kabupaten/Kota, instansi vertikal dan para pemangku kebijakan lainnya memiliki tugas besar untuk mendukung suksesnya penyelenggaraan Pemilu tahun 2019 secara damai, aman dan demokratis dengan mengedepankan prinsip langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil, menjamin masyarakat terbebas dari segala bentuk intimidasi, kekerasan, black campaign dan berita hoax,” ujar Nova.

Oleh karena itu, Nova mengimbau seluruh jajaran Pemerintah Aceh dan Pemerintah Kabupaten/Kota untuk mendukung penyelenggaraan Pemilu serentak 2019, sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

“Saat ini, Pemerintah Aceh melalui Satuan Kerja Perangkat Aceh, terus melakukan sosialisasi terkait perekaman KTP Elektronik, mensosialisasikan Pemilu Serentak dan mengajak masyarakat untuk memilih serta berbagai kegiatan lain sesuai peraturan perundang-undangan,” kata Nova.

Sebagaimana diketahui, untuk menjaga netralitas pada penyelenggaraan Pemilu serentak 2019, para Aparatur Sipil Negara di jajaran Pemerintah Aceh telah melakukan ikrar ‘Aku Siap Netral’ pada tanggal 11 Maret lalu. Ikrar yang dilakukan di halaman Kantor Gubernur Aceh itu turut dihadiri oleh Panwaslih Aceh.

Plt Gubernur juga mengimbau para Bupati/Wali Kota untuk mengoptimalkan peran perangkat daerah di wilayah masing-masing, untuk mensosialisasikan tahapan Pemilu dan dukungan penertiban alat peraga kampanye yang tidak sesuai ketentuan. (ra)