Kakor Binmas Polri Kondisi Aceh Aman

Kakor Binmas Polri, Irjen Widiyarso Herri Wibowo, berbincang dengan warga saat pengobatan gratis diberikan kepada masyarakat Peukan Bada, Aceh Besar, Jumat (29/3). Imran Joni/Rakyat Aceh

BANDA ACEH (RA) – Kondisi Aceh dinilai masih aman menjelang Pilpres dan Pileg serentak 17 April 2019. Hal ini berdasarkan pantauan Korbinmas Baharkam Polri.

Dalam kunjungannya ke Aceh Besar dan Pidie, Jumat (29/3) Korbinmas Baharkam, Irjen Widiyarso Herri Wibowo mengatakan pihaknya melihat hasil pemetaan seluruh daerah di tanah air dimana Bawaslu dan Polres sudah mendeteksi ada tiga kriteria yakni ada daerah kurang rawan, rawan dan rawan sekali.

“Untuk Aceh masih aman lah,” kata Widiyarso usai menyerahkan santunan dan juga pengobatan gratis dan konsultasi kesehatan bekerja sama Biddokkes Polda Aceh dan Polresta Banda Aceh serta jajaran Pemkab Aceh Besar dan unsur Kodim Banda Aceh di lapangan Kecamatan Peukan Bada, Aceh Besar.

Menurutnya kedatangan Tim Korbinmas ke Aceh untuk menjadi ‘mesin pendingin’ yang saat ini tensinya sedikit memanas menjelang Pilpres dan Pileg. “Kami datang untuk memberikan kenyamanan kepada masyarakat agar suasana tetap tenang, aman dan damai sampai hari H,” ujarnya.

Ia mengajak semua masyarakar bersama-sama sukseskan Pilpres dan Pileg. Hindari black campign, berita hoaks dan tidak terpengaruh hal-hal yang dapat meresahkan lingkungan,” ujar Widiyarso dan acara kemarin turut hadir tokoh agama, tokoh masyarakat, pemuda setempat di kecamatan Peukan Bada, Aceh Besar.

Dengan bersamaan inilah diharapkan tidak golput mari masyarakat datang ke TPS memberikan hak suaranya dan bebas menentukan pilihannya, tidak golput.

Masyarakat sekarang harus jeli dan jangan mau terpengaruh dengan isu-isu tidak jelas (hoaks), kalau ada yang ragu silahkan lapor kepada aparat Babinkamtibmas di Polsek atau Babinsa yang ada di Koramil. Semua ini dalam rangka memberikan cipta kondisi 2019 aman, damai dan sejuk.

Seperti diketahui Kakor Binmas Baharkam Polri, Irjen Pol Widiyarso Herry Wibowo, berkunjung ke Aceh, melakukan serangkaian kegiatan yang pertama mengunjungi Polda Aceh.

Di Mapolda Aceh, Kakor Binmas Baharkam Polri bersama rombongannya disambut Kapolda Aceh, Irjen Pol Rio S Djambak dan pejabat Polda Aceh lainnya.

Sementara itu, rombongan Kakor Binmas Baharkam Polri terdiri dari Kombes Pol Ricky W, Kombes Pol Ilsaruddin, Kombes Pol Seno Putro, Kombes Pol Rusdianto, Kombes Pol Triawan, Kompol Joko dan Alimin.

Seusai kegiatan di Mapolda Aceh, Kakor Binmas Baharkam Polri, menuju lapangan Kecamatan Peukan Bada, Aceh Besar, yang menggelar kegiatan bakti sosial kemanusiaan Satgas Nusantara sekaligus untuk bersilaturahmi dengan pejabat, tokoh masyarakat, tokoh agama dan masyarakat setempat.

Kegiatan itu juga dihadiri Dir Binmas Polda Aceh, Kabid Dokkes Polda Aceh, Kapolresta Banda Aceh, mewakili Dandim 0101 BS, mewakili Bupati Aceh Besar, Camat Peukan Bada, Kepala Dinas Kesehatan Aceh Besar, Kepala Dinas Sosial Aceh Besar, Danramil Peukan Bada, Kapolsek Peukan Bada, tokoh masyarakat, tokoh agama dan ratusan masyarakat terdiri dari bapak dan ibu-ibu Desa Lamlumpu Kecamatan Peukan Bada, Aceh Besar.

Selain itu juga hadir sejumlah perwira dan Bintara Polda Aceh serta Polresta Banda Aceh.
Pada kegiatan itu, Kakor Binmas Baharkam Polri mengatakan, tujuannya dan rombongan datang untuk bersilaturahmi dengan tokoh masyarakat, tokoh agama dan berbagai elemen masyarakat.

Kegiatan ini juga digelar dalam rangka bakti sosial kemanusiaan Satgas Nusantara. “Di samping itu juga untuk mendekatkan diri dengan warga masyarakat setempat, sekaligus memberikan bantuan sembako dan obat-obatan kepada kaum dhuafa yang sebelumnya telah mendapatkan data dari pihak terkait,” kata Kakor Binmas Baharkam Polri.

Kemudian terima kasih khususnya kepada 4 pilar yaitu Bhabinkamtibmas, Babinsa, Bintara Pulbaket dan tokoh masyarakat setempat karena tentunya dapat memperkokoh soliditas warga setempat.

Kegiatan bakti sosial kemanusiaan di lapangan Peukan Bada meliputi pengobatan gratis, klinik gigi lapangan, bakti psikologi dan pembagian sembako. Selain itu dalam kegiatan juga diserahkan sembako kepada kaum dhuafa secara simbolis oleh Kakor Binmas Baharkam Polri dan diikuti sejumlah pejabat lainnya.

Usai kegiatan di lapangan Peukan Bada, Kakor Binmas Baharkam Polri bersama rombongan dan didampingi pejabat Polda melakukan bakti sosial di Masjid Peukan Bada, setelah itu menuju ke rumah kaum dhuafa.

Selanjutnya, Kakor Binmas bersama rombongan dan pejabat Polda melakukan kegiatan bakti sosial di Gereja Methodis, Banda Aceh. Setelah itu, Kakor Binmas bersama rombongan melaksanakan salat Jumat di Masjid Raya Baiturrahman, Banda Aceh.
Di hari yang sama, Kakor Binmas Polri melanjutkan kegiatan bakti sosial kemanusiaan di Kabupaten Pidie. (imj/bai)