Mari Ukir Prestasi Anda Bersama STAIN Tengku Dirundeng Meulaboh

INGIN pintar, terampil, telanten dan berpendidikan dalam jenjang karir anda kelak. Kabar gembiranya, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Tengku Dirundeng Meulaboh (STAIN-TDM) menerima mahasiswa baru tahun akademik 2019-2020, melalui tiga jalur.

Jalur Pertama Seleksi Prestasi Akademik Nasional (SPAN) (pendaftaran 23–28 Februari 2019). Jalur Kedua, melalui Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN) dan Ketiga Jalur Mandiri.

STAIN Tengku Dirundeng Meulaboh, merupakan satu-satunya Perguruan Tinggi Agama Islam “Negeri” di Meulaboh. Sebagai Lembaga Pendidikan Tinggi STAIN Tengku Dirundeng Meulaboh, sangat berkomitmen menghasilkan lulusan yang handal, dengan kecakapan matang, seperti kompetensi pedagogic, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial dan professional, baik dalam proses pengajaran pendidikan pada jenjang pendidikan dasar dan menengah di sekolah atau madrasah.

Sarjana lulusan STAIN Tengku Dirundeng Meulaboh, dapat mampu bekerja dan berkarir pada seluruh lembaga pemerintahan dan non pemerintahan (swasta), baik lokal, nasional, regional, dan internasional. Seperti; perbankan, kesekretariatan, kursus bahasa, penerjemah, komunikasi massa, dan hubungan masyarakat.

Terdapat beberapa Jurusan dengan Program Studi yang menjadi program pendidikan formal bagi mahasiswa, seperti:

Jurusan Dakwah dan Komunikasi islam
– Komunikasi dan Penyiaran Islam
– Pengembangan Masyarakat Islam
– Ilmu Alquran dan tafsir

Jurusan Tarbiyah dan Keguruan
– Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
– Pendidikan Agama Islam
– Pendidikan Bahasa Arab
– Manajemen Pendidikan Islam

Jurusan Syariah dan Ekonomi Islam
– Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
– Perbankan Syariah
– Hukum Pidana Islam
– Hukum Tata Negara

Jadwal Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN). Pendaftaran dibuka mulai 02 – 29 April2019 (Pembayaran Pendaftaran melalui Bank Negara Indonesia/BNI). Pendaftaran Online 02-30 April 2019. Pelaksanaan Seleksi 28 Mei 2019. Pengumuman Hasil Seleksi 01 Juli 2019 mulai pukul 17.00 WIB.

Kolompok Ujian
IPA : Tes Potensi Akademik, Bahasa, Keislaman, dan Kemampuan IPA
IPS : Tes Potensi Akademik, Bahasa, Keislaman, dan Kemampuan IPS
Campuran: Tes Potensi Akademik, Bahasa, Keislaman, dan Kemampuan IPA dan IPS.

Jadwal Jalur Mandiri, Pendaftaran dibuka 29 Mei–15 Juli 2019 (Pembayaran Biaya Pendaftaran melalui Bank Rakyat Indonesia/BRI). Ujian Tulis 17 Juli 2019. Pengumuman Hasil 19 Juli 2019, dan Pendaftaran Ulang dapat dilakukan mulai 22–27 Juli 2019.

Ketua STAIN-TDM, priode 2019–2023, Dr Inayatillah MAg, ingin mewujudkan Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Tengku Dirundeng Meulaboh, sebagai Perguruan Tinggi Keagamaan yang unggul dengan melahirkan sarjana berkualitas dan unggul.
Visi dan misinya, melaksanakan pendidikan dan pengajaran, penelitian dan publikasi, serta pengabdian kepada masyarakat yang unggul, kretaif, inovatif dalam kajian studi islam berbasis turats.

Dengan penampilan kepemimpinan tegas dan bersahaja. Sosok Inayatillah yang juga dosen Fakultas Ilmu Sosial serta Ilmu Politik di UIN Ar-Raniry, terlihat optimis senantiasa memacu Sarjana lulusan STAIN-TDM, tetap mampu bersaing di dunia kerja nyata dengan meraih prestasi.

Pengalaman Inayatillah menjabat Kepala Pusat Studi Gender dan Anak di lembaga penelitian dan pengabdian kepada masyarakat (LP2M) UIN Ar-Raniry Banda Aceh, sejak 2013 lalu, tentu menjadi pondasi STAIN-TDM mampu melahirkan Sarjana handal.

Sebagai alumni Doktoral Falsafah University Malaya, bidang sejarah dan tamaddun Islam pada Tahun 2011 lalu, tentu memiliki pemikiran yang matang dengan segala metode pendidikan.

Tak hanya itu, Studi Magister Inayatillah, yang juga berkosentrasi Studi Islam, diselesaikan pada IAIN Ar-Raniry Banda Aceh Tahun 1996 lalu. Dengan terlebih dahulu memperoleh gelar sarjana IAIN Ar-Raniry Program Studi Tadris Bahasa Arab Tahun 1991.

Aktif dalam forum peneliti di Aceh, sebagai Ketua Bidang Sosial dan Budaya dan Ketua Divisi Pemberdayaan Perempuan serta Perlindungan Anak pada Himpunan Indonesia untuk pengembangan Ilmi-Ilmu Sosial (HIPIIS), tentu membikin Inayatillah lebih siap memimpin STAIN Tengku Dirundeng Meulaboh. (den)