Ribuan Santri Miskin Acut Terima Beasiswa

Tgk Yusradi, SE Kepala Baitul Mal Aceh Utara

ACEH UTARA (RA)- Sebanyak 1.975 santri miskin dan kurang mampu asal Aceh Utara, menerima bantuan beasiswa dari Baitul Mal Aceh Utara. Para santri itu selama ini belajar ilmu agama di dayah dalam wilayah Aceh Utara dan diluar Aceh Utara.

“Memang beasiswa yang kita berikan itu tidak seberapa, jangan dilihat dari jumlahnya. Tapi inilah bentuk kepedulian Baitul Mal kepada santri dari keluarga miskin dan kurang mampu,”ucap Kepala Baitul Mal, Aceh Utara, Tgk Yusradi, SE, dikonfirmasi Rakyat Aceh, Kamis (11/4).

Ia mengatakan, beasiswa itu bersumber dana Baitul Mal yang dikumpulkan dari zakat,infaq dan sedekah tahun 2018. Namun, baru disalurkan pada 2019 setelah adanya petunjuk teknis tentang penyaluran beasiswa kepada santri miskin dan kurang mampu. Walaupun, para santri itu sudah mengajukan permohonan sejak Agustus 2018 lalu.

“Total dana beasiswa yang kita berikan sebesar Rp 987.500.000 untuk 1.975 santri. Artinya, setiap santri berhak mendapatkan Rp 500 ribu,”ungkapnya. Beasiswa itu mulai disalurkan sejak Selasa (9/4) lalu hingga sekarang.

Ia berharap, dengan adanya bantuan beasiswa santri ini dapat menambah motivasi untuk terus belajar di dayah. Karena syarat untuk mendapatkan beasiswa santri, pertama harus ada surat miskin atau kurang mampu yang dikeluarkan oleh keuchik masing-masing. Kemudian, fotocopy Kartu Keluarga (KK), KTP dan kelengkapan administrasi lainnya.

“Dalam pemberian beasiswa itu, kita tidak melihat santri berprestasi atau tidak. Yang penting santri itu miskin dan kalau tidak ada beasiswa mungkin terpaksa harus putus belajar di dayah atau pesantren,”ujarnya.

Selain itu, sebut dia, untuk beasiswa santri miskin 2019 sebagai tahap II juga akan segera disalurkan setelah puasa Ramadhan nantinya. “Saat ini kita masih menerima permohonan dan data santri miskin untuk mengajukan sendiri ke Baitul Mal Aceh Utara,”katanya, seraya menambahkan, beasiswa itu diberikan kepada santri miskin yang belum pernah mendapatkan pada tahap I. (arm/msi)