Prajurit TNI Miliki Buku Saku Jaga Netralitas

Puluhan Personil TNI yang bertugas di Makodim 0114/AJ, memperlihatkan buku saku pedoman tugas netralitas TNI Saat Apel Luar Biasa di Makodim, Gampong Bahagia, Kecamatan Krueng Sabee, Aceh Jaya, Minggu (14/4).

CALANG (RA) – Puluhan prajurit mengikuti apel luar dalam rangka kesiapam prajurit TNI pengamanan Pemilu yang akan berlangsung pada 17 April 2019 yang berlangsung di halaman Makodim, Gampong Bahagia, Kecamatan Krueng Sabee, Aceh Jaya, Minggu (14/4).

Dihadapan puluhan Parajurit TNI yang bertugas di Makodim 0114 Aceh Jaya, Dandim Letkol Kav Andhie Suryatama, dalam pengecekan kesiapan personil dalam pengamanan Pemilu tahun ini, bertujuan untuk mengetahui benar-benar untuk mengetahui tentang tugas, tanggungjawab dalam keterlibatan pengaman Pemilu dengan memegang teguh netralitas TNI.

“Perlu diketahui seluruh prajuritnya akan membawa dan melaksanakan tugas sesuai dengan yang tercantum dalam buku pedoman netralitas TNI sebagaimana tertera dalam buku aturan pengamanan Pemilu atau Rule Of Engagement (RoE) yang sudah dimiliki oleh setiap prajurit,” kata Andhie.

Andhie mengatakan, sebagai prajurit tetap netral tidak berpihak atau mendukung calon maupun kandidat tertentu. “Saya sangat berharap tidak ada prajurit yang ikut campur dan berkomentar untuk mempengaruhi masyarakat dalam konstestan pesta demokrasi yang merupakan milik rakyat dalam memilih pilihannya,” katanya.

Selain itu dalam arahan, setiap prajurit yang akan bertugas membantu pengamanan Pemilu nantinya agar selalu berkoordinasi dengan pihak kepolisian seperti Bhabinkamtibmas. (mag-67/bai)