Menu

Mode Gelap
Korban Erupsi Gunung Marapi Ditemukan 1,5 Km dari Kawah Cak Imin Resmikan Posko Pemenangan Musannif bin Sanusi (MBS) Perangkat Desa Sekitar Tambang Tantang Asisten Pemerintahan dan Dewan Lihat Objektif Rekrutmen Pekerja PT AMM Golkar Aceh Peringati Maulid Nabi dan Gelar TOT bagi Saksi Pemilu Ratusan Masyarakat Gurah Peukan Bada Juga Rasakan Manfaat Pasar Murah

UTAMA · 2 May 2019 12:35 WIB ·

Bulan Puasa Siswa Sekolah 2 Minggu


 ILUSTRASI : Penerimaan siswa baru MTSN 1 Model Banda Aceh menggunakan sistem Computerized Assisted Test atau CAT, Senin (29/4). foto ist Perbesar

ILUSTRASI : Penerimaan siswa baru MTSN 1 Model Banda Aceh menggunakan sistem Computerized Assisted Test atau CAT, Senin (29/4). foto ist

BANDA ACEH (RA) – Dinas Pendidikan Aceh mengimbau kepada seluruh kepala sekolah dan pengawas serta para guru untuk mengaktifkan pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (Dinul Islam) selama Bulan Ramadhan 1440 H/2019 M. Pelaksanaan Dinul Islam itu dilaksanakan selama dua minggu dalam Bulan Ramadhan.

Kepala Dinas Pendidikan Aceh, Syaridin, S.Pd, M.Pd usai pelaksanaan upacara Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun 2019, Kamis (02/05/2019) kepada media menjelaskan untuk proses pembelajaran pada Bulan Ramadhan tahun ini masih sama dengan tahun lalu yaitu mengisi dengan kegiatan keagamaan. Sedangkan untuk tekhnis pelaksanaannya menjadi kewenangan sekolahnya masing-masing.

“Untuk mewujudkan peserta didik yang beriman, bertaqwa kepada Allah SWT berakhlak mulia dan taat beribadah maka pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di sekolah diberikan melalui kegiatan Intrakurikuler dan kurikuler,” jelasnya.

Menurut Syaridin, kegiatan Kokurikuler Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di sekolah pada tahun ini diberikan melalui penguatan Dinul Islam yang dilaksanakan pada Bulan Ramadhan 1440 H/2019 M.

“Penyelenggaraan penguatan Dinul Islam pada Bulan Ramadhan sangat penting dan strategis agar peserta didik memahami, menghayati dan mengamalkan ajaran Islam serta untuk menghindari peserta didik dari perbuatan yang bertentangan dengan norma-norma Agama,” tuturnya.

Kadisdik Aceh menambahkan untuk jadwal pelaksanaan pendidikan selama Bulan Ramadhan dapat dilaksanakan mulai dari Pukul 08.00 WIB hingga Pukul 12.00 WIB yang dilaksanakan selama dua minggu.

“Siswa juga dihimbau untuk dapat hadir ke sekolah sesuai jadwal yang telah ditetapkan dengan memakai seragam sekolah lengkap dan guru dapat memberi penilaian khusus kepada siswa untuk mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti,” katanya.

Begitu juga, tambahnya, bagi siswa yang memeluk agama lain selain Islam, akan dikaitkan dengan rumah ibadah sesuai dengan agamanya masing-masing. Dengan demikian, semua anak dapat belajar tentang akhlak dan agama yang lebih dalam lagi. (ri/ra)

Artikel ini telah dibaca 9 kali

badge-check

Penulis

Comments are closed.

Baca Lainnya

Peminat Alat Kontrasepsi di Simeulue Meningkat

29 March 2024 - 21:20 WIB

Komnas HAM: Pemerintah Harus Jaga Tulang Belulang di Rumoh Geudong Korban Pelanggaran HAM di Aceh

29 March 2024 - 16:32 WIB

YARA Ajukan Permintaan Dokumen Pengelolaan Parkir Dishub dan RSUD Subulussalam

29 March 2024 - 15:34 WIB

Launching Berkah PLN Mobile, Pelanggan PLN di Aceh Bisa Mendapatkan Hadiah Umrah

29 March 2024 - 14:59 WIB

Bagaimana Hukum Mengerjakan Sholat Tarawih Tapi Belum Sholat Isya? Simak Penjelasannya!

29 March 2024 - 14:48 WIB

LPTQ Aceh Gelar Haflah Tadarus Ramadhan di Masjid Tungkop

29 March 2024 - 14:46 WIB

Trending di UTAMA