Pohon Berusia Ratusan Tahun di Trienggadeng Terbakar

Pohon Berusia Ratusan Tahun di Trienggadeng Terbakar

MEUREUDU (RA) – Sebuah pohon berukuran besar di pinggir jalan raya Banda Aceh – Medan, Trienggadeng, Pidie Jaya terbakar Senin (6/5), sekitar pukul 21.30 Wib. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut namun yang membumbung tinggi nyaris melahap sejumlah ruko terletak di depan pohon besar diperkirakan berusia ratusan tahun.

Berdasarkan informasi diperoleh Rakyat Aceh dari sejumlah warga di lokasi, kronologis terbakarnya pohon Sala terjadi salat tarawih, sumber api berasal dari belakang tempat duduk yang terbuat dari beton yang melingkari perdu pohon, warga menduga api di duga dari puntung rokok.

“Kejadian itu pas setelah selesai salat tarawih, saat itu saya sempat melihat ada api dari belakang tempat duduk itu, dan belum begitu membesar, kemudian saya pergi ke belakang warung setelah itu saya melihat api semakin membesar ke atas dan saya juga sempat ikut panik karena saya khawatir jika api nya ikut menyambar ke sini atau dahan nya pohon itu patah dan menimpa tempat saya jualan pulsa di sini”, ungkap pemuda pedagang pulsa yang mangkal tidak jauh dari pohon yang terbakar.

Saksi mata lainnya, Samsul Bahri yang juga anggota PMI Pidie Jaya menuturkan, ketika itu diri nya baru saja pulang tarawih dari Masjid At-Taqarub, Trienggadeng. “Awalnya saya melihat api itu masih kecil dan belum membumbung tinggi, dan saat ini saya langsung memberi tau warga lainnya untuk membantu memadamkan api dan mencoba menghubungi pihak pemadam kebakaran.”, ungkap Samsul.

Amatan Rakyat Aceh di TKP, sejumlah petugas pemadam kebakaran bersama TNI-Polri dan warga tampak sibuk berusaha memadamkan kobaran api, dan sekitar 30 menit pasca kejadian api berhasil dipadamkan. (amz/slm)