Bupati Akmal Adakan Tarawih di Pendopo

Rakyat Aceh

BLANGPIDIE (RA) – Bupati Abdya, Akmal Ibrahim mengadakan salat tarawih di Musalla komplek area Pendopo atau rumah dinas Bupati setempat. Para jamaah berasal dari masyarakat tetangga sekitar pendopo dan unsur pejabat pemerintahan.

Usai berbuka puasa, masyarakat bersama unsur pemerintahan Abdya mulai berdatangan ke pendopo untuk menunaikan salat Isya kemudian dilanjutkan dengan salah tarawih berjamaah.

Sebelum salat tarawih dimulai, sang imam melakukan ceramah dalam waktu sekitar 10 menit usai salat Isya. Sementara para imam, setiap malamnya berganti-ganti.

“Tausyiahnya ngak boleh panjang-panjang, sekitar 10 menit saja sudah boleh,” kata Bupati Akmal saat duduk bareng, Rabu (8/5).

Hal tersebut dibenarkan Kabag Humas Mawardi. Ia mengatakan, bukan salat Isya dan tarawih saja akan tetapi dibagian Umum juga menyediakan hidangan makan minum atau sneck seperti bubur kacang ijo dan sebagainya.

“Dari bagian Umum Sekdakab juga menyediakan makanan kepada para jamaah tarawih untuk setiap malamnya. Usai salat langsung makan dan minum sambil duduk santai bersama Bupati,” kata Mawardi.

Mawardi menyebutkan pemerintah telah mengumumkan hasil sidang isbat menentukan awal puasa atau 1 Ramadhan 1440 Hijriah disepakati jatuh pada hari Senin, 6 Mei 2019 kemarin. “Tapi sebagian ada juga masyarakat yang tidak mengikuti pemerintah dihari pertama puasa, dengan alasan belum nampak hilal,” sebutnya.

Hal ini lanjut Mawardi sudah berlangsung selama tiga malam. “Tarawih di pendopo ini sudah berlangsung sejak Minggu (5/5) malam. Karena pemerintah menetapkan puasa pertama pada Senin (6/5) kemarin,” tuturnya. (mag-80/han)