Disdikbud Musnahkan 650 Blangko Ijazah SMP

BAKAR BLANGKO- Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Utara, Saifullah, didampingi Kabid Dikdas Razali dan anggota Polres Aceh Utara, membakar blangko ijazah SMP yang tidak terpakai dihalaman dinas setempat, Rabu (16/5). ARMIADI/RAKYAT ACEH.

ACEH UTARA (RA)- Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Aceh Utara, melakukan pemusnahan 650 lembar blangko ijazah SMP tahun ajaran 2017/2018, pada Rabu (16/5) pagi. Blangko ijazah yang dimusnahkan itu merupakan sisa tahun ajaran sebelumnya yang tidak terpakai.

Pemusnahan ratusan blangko ijazah tersebut dilakukan oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Utara, Saifullah, didampingi Kabid Dikdas Razali dan anggota Polres Aceh Utara, dihalaman dinas setempat.

“Dalam aturannya memang harus dimusnahkan lalu dokumennya kita dikirim ke Kementerian Pendidikan sebagai salah satu syarat agar dapat dikirim blangko ijazah SMP tahun ajaran 2018/2019,”ucap Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Utara, Saifullah, kepada Rakyat Aceh, kemarin.

Ia mengatakan, blangko ijazah tingkat SMP yang dibakar atau dimusnahkan itu merupakan cadangan, untuk antisipasi kesalahan dalam penulisan ijazah dan lainnya. Maka ada sedikit kelebihan blangko ijazah yang dikirimkan oleh kementerian.

“Ketika sekolah tidak ada lagi yang membutuhkan blangko ijazah akibat salah penulisan sehingga harus kita musnahkan blangko tersebut,”ujarnya, seraya menambahkan, biasanya kelebihan blangko ijazah yang dikirim itu sekitar 5 persen. (arm/msi)