Tari saman akan tampil di PBB

Para penari Saman beraksi pada pengambilan dokumentasi video untuk kebutuhan acara Budaya di TVRI. (for rakyat aceh)

BLANGKEJEREN (RA) – Tari Saman asal dataran tinggi Gayo akan tampil di Gedung Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Para penari Saman akan menunjukan kebolehannya dalam acara Perayaan ke 70 Hubungan Diplomasi Indonesia –USA di Markas PBB New York. Tim Saman dari Gayo Lues ini akan tampil pada tanggal 29 Mei sampai 1 juni 2019.

“Rombongan Penari akan bertolak pada 27 Mei 2019 dari Jakarta,” terang Syafruddin kepala Dinas Pariwista Gayo Lues, Kamis (16/5).

Lebih lanjut Syafruddin mengatakan, tim Penari Saman berangkat tidak dengan personil lengkap yaitu 11 orang tetapi kali ini hanya berangkat 9 orang dengan satu orang pendamping.

“Ini karena minimnya dana penyelenggara yang hanya mampu memberangkatkan 9 orang. Meskipun hanya sembilan orang,” ungkap Syafruddin.

Namun Syafruddin yakin para penari akan tempil dengan baik dan tidak akan mengurangi performa, meskipun jumlah penarinya berkurang tiga orang. “Sebenarnya semakin ramai penari semakin indah dipandang, mulai dari kekompakan gerak perpaduan tepuk. Namun karena kekurangan dana, penyelanggara juga memakluminya,” ujarnya lagi.

“Undangan ini sebagai satu penghargaan bagi seni dan Budaya Gayo Lues. Patut bangga sebagai orang Gayo Lues yang masih bisa mempertahankan adat dan budaya. Bahkan memiliki satu budaya yang mendunia.”

Syafruddin berharap dukungan dan doa masyarakat Gayo Lues agar para penari yang diberangkatkan ke Amerika bisa tampil dengan sukses. Selain itu Syaf juga memohon kepada seluruh masyarakat Gayo Lues tetap ikut melestarikan dan menjaga eksistensi Tari Saman sebagai Budaya Tak Benda Milik Dunia. (yud/min)