7 Tips dan Trik Mudik Nyaman Tanpa Bikin Kantong Jebol

Ilustrasi perjalanan mudik. Mudik lebih nyaman bersama keluarga dengan rencana anggaran yang tepat. (Verywell fit)

Harianrakyataceh.com – Lebaran memang identik dengan pengeluaran yang besar. Wajar saja, mengingat banyak pos pengeluaran yang harus dipenuhi seperti belanja baju dan kue hingga perjalanan mudik.

Siapapun bisa mendapatkan sensasi mudik yang seru, nyaman, dan menyenangkan asal dibarengi dengan persiapan finansial yang matang. Segera rencanakan anggaran mudik Anda bersama keluarga tercinta untuk menghindari terjadinya utang.

Sebab tak jarang, beberapa orang rela meminjam guna menutupi biaya perjalanan mudik. Belum lagi anggaran jadi membengkak karena pengeluaran tak terduga.

Padahal, ada cara yang bisa dilakukan agar tetap mudik dengan memaksimalkan anggaran yang dimiliki. Seperti dikutip dari Cermati.com, Senin (20/5), setidaknya ada 7 tips dan trik bagi Anda yang ingin mudik tanpa bikin kantong jebol.

1. Buat Catatan dan Siapkan Anggaran Mudik sejak Jauh-Jauh Hari

Jika tujuannya untuk berhemat, sebaiknya siapkan anggaran sejak jauh hari guna mengantisipasi pengeluaran yang terlalu besar, khususnya buat transportasi dan akomodasi mudik. Anggaran ini bisa dijadikan sebagai pedoman saat menggunakan uang agar keuangan lebih terkontrol. Menyusun anggaran membutuhkan ketelitian ekstra. Untuk menghindari adanya kesalahan, sebaiknya diskusikan dengan keluarga atau pasangan guna mendapatkan anggaran yang pas.

2. Tentukan Transportasi yang Digunakan untuk Mudik

Moda transportasi untuk mudik memang beragam, tapi pilihlah satu transportasi yang paling sesuai dengan bujet. Apabila bujet pas-pasan, maka transportasi seperti kereta api ekonomi atau bus bisa dijadikan pertimbangan guna menghemat pengeluaran saat mudik. Sah-sah saja jika ingin menggunakan pesawat terbang atau kereta api executive. Tapi, usahakan membeli tiket minimal 2-3 bulan sebelum keberangkatan untuk mencegah harga tiket yang melambung tinggi.

3. Hindari Membawa Terlalu Banyak Oleh-Oleh

Usahakan tidak berlalu banyak membeli oleh-oleh. (Travel Experta)

Lebaran tidak lepas dari aktivitas belanja, yaitu oleh-oleh. Sebelum pergi berbelanja, sebaiknya buatlah daftar oleh-oleh yang ingin dibeli. Fokuslah pada barang yang ada dalam daftar tersebut agar Anda terhindar dari aktivitas belanja berlebihan. Kontrol diri Anda selama belanja oleh-oleh. Tujuannya tidak hanya untuk berhemat, tapi juga meringankan beban Anda saat mudik. Sebab, Anda tidak perlu menenteng terlalu banyak barang sehingga pergerakan menjadi lebih gesit selama di perjalanan.

4. Jangan Pernah Lupa, Siapkan Dana Darurat untuk Mudik

Hal-hal tak terduga selalu saja terjadi, termasuk saat perjalanan mudik yang secara tidak langsung dapat menguras biaya. Untuk mengantisipasi hal ini, sebaiknya sediakan dana darurat sebesar 10 persen dari total anggaran yang sudah dibuat sebelum keberangkatan. Dana darurat ini sifatnya hanya untuk berjaga-jaga. Apabila uangnya tidak terpakai, Anda bisa mengalihkannya untuk keperluan lain pasca lebaran. Misalnya untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

5. Minimalkan Pengeluaran di Kampung Halaman

Sebaiknya jangan senang dahulu jika Anda berhasil meminimalisir biaya transportasi, akomodasi, dan oleh-oleh. Sebab, masih ada pengeluaran lain yang harus dipikirkan saat pulang kampung, yaitu THR dan kado lebaran. Sebagai pemberi, Anda tidak perlu memberikan sesuatu yang terlalu mahal dan mewah. Berikan apa yang bisa Anda diberikan sesuai kemampuan. Toh, setelah lebaran Anda masih harus memikirkan pos-pos pengeluaran harian. Lebih baik minimalkan pengeluaran sedini mungkin untuk menghindari ketidakstabilan finansial yang memicu utang.

6. Pertimbangkan Melakukan Pekerjaan Sampingan

Mengingat besarnya pengeluaran saat Lebaran, ada baiknya pertimbangkan pekerjaan sampingan untuk menutupi biaya secara keseluruhan. Ada banyak pekerjaan paruh waktu (part time) yang bisa Anda lirik, seperti berjualan onlineatau menjual makanan dan minuman berbuka puasa. Pemasukan yang diterima dari kerja part time memang tidak besar, tapi jumlahnya sangat membantu Anda secara finansial. Sesuaikan pekerjaan sampingan dengan minat dan waktu luang agar Anda tidak merasa terbebani saat melakukannya.

7. Biar Enteng, Libatkan Orang Lain

Jika semua rencana mudik sudah beres, sekarang saatnya untuk melibatkan orang lain dalam perjalanan ini. Ajak suami atau istri, dan anak-anak Anda untuk menyusun kegiatan menarik yang bisa dilakukan di kampung halaman, sehingga sensasi mudik lebih seru dan menyenangkan. Melibatkan orang lain tidak hanya bagus untuk menghilangkan sifat egois dan sok hebat, tapi juga bagus untuk memupuk rasa kekeluargaan di tengah-tengah keluarga. Apalagi di momen lebaran yang penuh sukacita seperti sekarang ini.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah