IKAT Adakan Daurah Tahsin Al-Quran di Bireuen

Ketua IKAT Aceh Tgk. Fadil Rahmi, Lc sampaikan kata sambutan. Foto IST

BIREUEN (RA) – Ikatan Alumni Timur Tengah (IKAT) Aceh adakan Training of Trainer (TOT) Tahfizh dan Tahsin Al-Quran Metode Awsat, di Desa Bireuen Meunasah Blang, Kec. Kota Kuang, Kabupaten Bireuen pada Selasa dan Rabu 21 – 22 Mei 2019.

Ketua IKAT Aceh Tgk. Fadil Rahmi, Lc. dalam sambutannya mengatakan, sejak tahun 2015 IKAT sudah punya program agar pelatihan Al-Quran seperti digelar di seluruh desa yang ada di Aceh. “Alhamdulillah kali ini Tim Tahsin IKAT sudah bisa hadir di Desa Bireuen Meunasah Blang,” kata Fadil Rahmi.

Ketua panitia Tgk. Azhari, S.Pd.I mengatakan, TOT digelar untuk guru pengajian dan pengajar Taman Tahfiz Al-Quran. Sumber dana berasal dari APBG yang dilaksanakan oleh Tim Penggerak PKK gampong Bireuen Meunasah Blang, Pokja 1 yang membidangi bidang keagamaan.

Sementara Geuchik Gampong Bireuen Meunasah Blang Tgk. Hasmuni Ilyas, S.Pd.I menyampaikan bahwa selama ada dana gampong, banyak gampong yang membangun bangunan fisik. Sementara Gampong kita ada juga bangunan fisik dan ada juga membangun manusia dengan mengadakan TOT seperti ini. Lebih lanjut Geuchik Hasmuni berharap agar pelatihan ini terus diadakan di Gampong Bireuen Menasah Blang. “InsyaAllah kita adakan lagi TOT ini, kalau bisa kedepan 7 hari penuh,” ujarnya.

Dalam menggelar TOT ini, Tim Tahsin IKAT Aceh mengutus dua pemateri, yaitu Tgk. Muhammad Yasin Jumadi, Lc. dan Tgk. Irwansyah, Lc. Keduanya membahas makharijul huruf dan shifatul huruf melalui kitab Matan Jazariyah, serta menjelaskan metode Tahfiz Al-Quran. (ra)