Tim Kuasa Hukum Jokowi – Ma’ruf Konsultasi ke MK

JAKARTA (RA) – Tim kuasa hukum pasangan calon presiden dan wakil presiden Joko Widodo (Jokowi) – Ma’ruf Amin mendatangi kantor Mahkamah Konstitusi (MK) di Jakarta Pusat, Senin (27/5) ini. Mereka datang untuk berkonsultasi dengan pihak MK atas kemungkinan menjadi pihak terkait dalam sengketa Pilpres 2019.

Tim kuasa hukum Jokowi – Ma’ruf yang datang ke MK ini dipimpin Yusril Ihza Mahendra. Turut hadir mendampingi Yusril yakni Arsul Sani, Irfan Pulungan, dan Juri Ardiantoro.

“Saya selaku kuasa hukum Jokowi – Ma’ruf tadi melakukan konsultasi terhadap panitera MK, menyangkut masalah teknis mengenai surat kuasa, mengenai kapan menyerahkan keterangan, apakah kami masih merasa perlu memohon untuk dijadikan sebagai pihak terkait,” kata Yusril ditemui di kantor MK, Jakarta Pusat, Senin ini.

Menurut Yusril, timnya ingin proses persidangan sengketa Pilpres 2019 berjalan lancar. Sebab itu, mereka berkonsultasi kepada panitera MK. “Itu semua dimaksudkan untuk memperlancar persidangan MK dalam sengketa hasil pemilu yang Insyaallah akan dimulai pada 14 Juni,” ucap dia.

Senada dengan Yusril, Arsul Sani menyebut kedatangannya ke MK untuk memastikan tata cara persidangan di MK. Jika kubu Jokowi – Ma’ruf dipercaya menjadi pihak terkait, tidak akan terjadi perdebatan formal.

“Sebab itu, kami ingin dalam rangka mempercepat proses persidangan nantinya dan juga memperlancar permohonan kami. Kami nanti sebagai pihak terkait,” pungkas dia.

Sebelumnya, pasangan capres dan cawapres Prabowo Subianto – Sandiaga Uno menolak hasil perolehan suara Pilpres 2019 yang diumumkan KPU. Pasangan calon nomor urut 02 itu resmi mengajukan gugatan hasil Pilpres 2019 ke Mahkamah Konstitusi, Jumat (24/5) malam.

Kami sudah menyelesaikan permohonan sengketa hasil Pemilu 2019 untuk Presiden dan Wakil Presiden. Kami akan menyerahkan secara resmi. Dilengkapi dengan daftar alat bukti,” ungkap ketua tim pengacara Prabowo – Sandiaga, Bambang Widjojanto saat menyerahkan dokumen gugatan pendaftaran ke MK, Jumat. (mg10/jpnn)