Prihatin akan Kondisi Darjoli, Haji Uma Siap Bantu Proses Rujukan ke Jakarta

Darjoli, remaja asal Desa Cepu, Simpang Kiri, Kota Subulussalam yang menderita kanker tulang.

JAKARTA (RA) – Senator asal Aceh, H. Sudirman alias Haji Uma mengungkapkan keprihatinannya atas kondisi Darjoli, remaja asal Desa Cepu, Simpang Kiri, Kota Subulussalam yang menderita kanker tulang.

Hal itu dirasakan Haji Uma setelah melihat foto Darjoli yang dibagikan sejumlah pihak melalui media sosial. Karena itu, Haji Uma tergerak untuk mengetahuinya secara langsung dengan menghubungi kakak dari remaja yang juga seorang Tahfidz Quran tersebut.

Kepada Uthi, kakak Darjoli, Haji Uma mengaku prihatin dan berdasarkan keterangan Uthi juga diketahui jika Darjoli sudah setahun menderita kanker tulang. Awalnya hanya benjolan kecil dan terus membesar.

Menurut Haji Uma, dari Uthi diketahui jika Darjoli juga sudah menjalani pengobatan kemotetapi di Rumah Sakit Zainoel Abidin (RSZA) Banda Aceh dan sempat dirujuk juga ke Ruma Sakit Adam Malik, Sumatera Utara, namun benjolannya malah makin terus membesar.

“Saya sudah berkomunikasi langsung dengan keluarga dan diketahui bahwa sudah ada usulan rujukan ke Jakarta. Namun kondisi ekonomi membuat keluarga memilih pasrah dan Darjoli dibawa pulang ke Subussalam”, ujar Haji Uma, Selasa (28/5).

Dalam komunikasi dengan kakak Darjoli, Haji Uma mengaku menyarankan untuk dirujuk ke Jakarta segera mungkin saat keluarga merasa siap. Untuk hal itu, Haji Uma berjanji membantu proses pengurusan rujukan di RSZA Banda Aceh serta bantuan biaya selama proses perawatan di Jakarta nantinya.

“Saya sudah sampaikan kepada keluarga untuk memberitahu kapan siap dirujuk ke Jakarta. Staf saya di Banda Aceh nanti akan mendampingi proses pengurusan surat rujukan di RSZA serta proses pengobatan di Jakarta nantinya”, tegas Haji Uma.

Seperti diketahui, Darjoli seorang remaja yang juga Tahfidz Quran asal Subussalam menderita kanker tulang. Foto Kondisi Darjoli tersebar di media sosial dalam upaya penggalangan donasi bantuan publik bagi pengobatannya. Selanjutnya kondisi Darjoli juga turut diberitakan oleh media lokal di Aceh. (ra)