Bardan Sahidi Sesalkan Minimnya Serapan Dana Gampong di Aceh

BANDA ACEH (RA) – Serapan Dana Gampong (Dana Desa) semester pertama hingga Juni 2019 di 23 kabupaten/kota masih sangat rendah sekali.

“Keterlambatan serapan dana Desa pada tiap tahapan akan sangat berpengaruh pada tahapan berikutnya dalam satu kurun tahun anggaran,” kata Anggota Komisi III DPR Aceh Bidang Keuangan dan Investasi, Bardan Sahidi, kepada Rakyat Aceh, Ahad (2/6/2019).

Berdasarkan hasil evakuasi dan monitoring dilakukan kesejumlah kampong, serapan anggaran sangat minim. Ia mencontohkan seperti di Aceh Tengah dari 295 kampung baru 7 kampung atau setara 2, 37 persen serapan anggarabnya.

Dirinya menilai minimnya seraoan anggaran diakibatkan adanya semacam ketakutan kolektif dari aparatur kampung dalam merencanakan dan implementasi pelaksanaan Alokasi Dana Gampong (ADG) tahun ini.

Untuk itu, Bardan Sahidi mendesak kepada Pemerintah Aceh dalam hal ini Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong (DPMG) untuk asistensi pemerintah Kabupaten Kota se Aceh.

Dengan memperhatikan kinerja keuangan dan penyenggaraan pemerintahan di tingkat desa/gampong/kampung se Aceh, Pemerintah Aceh harus segera melakukan asistensi dan pendampingan khusus atas lemah serapan anggaran ADG tahun 2019.

“Harusnya ini tidak perlu terjadi sampai pada semester ke dua pada bulan Juni 2019 ini. Karena tiap-tiap kampung difasilitasi dengan tenaga pendaping desa, untuk penyiapan admistrasi dan pelaporan dana desa dimaksud,” terangnya.

Kondisi sangat disayangkan, potensi dan ADG ini sangat setrategis untuk pembangunan dan optimalisasi unit usaha kampung dalam mewujudkan kemandiriaan dan pemberdayaan masyarakay ditingkat kampung.

“Kita Mendesak untuk melalukan asistensi dan pendampingan bagi kabupaten kota se Aceh yang masuk kategori “merah”. Termasuk kabupaten Aceh Tengah dari 295 Kampung dari 14 kecamatan yang baru terealisasi 7 kampung, atau setara dengan 2, 37%,” kata Bardan.

Lebih lanjut, dirinya juga menyatakan akan turun melihat kondisi yang tidak menguntungkan ini, sampai serapan anggaran ADG berjalan dengan baik dan tepat sasaran. (Brd/ra)