Tgk H Abrar Zym SAg dijadwalkan menjadi khatib shalat Idul Fitri 1440 H di Masjid Agung Al-Munawwarah Kota Jantho

KOTA JANTHO (RA) – Tgk H Abrar Zym SAg yang juga Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakankemenag) Kabupaten Aceh Besar dijadwalkan menjadi khatib shalat Idul Fitri 1440 H di Masjid Agung Al-Munawwarah Kota Jantho. Sedangkan imam dipercayakan kepada Ustad Ivan Aulia Trisnady Lc MA.

Kabag Humas dan Protokol Setdakab Aceh Besar Muhajir SSTP MPA kepada wartawan kemarin menjelaskan, menurut rencana, shalat Ied akan dipusatkan di halaman Masjid Agung Al-Munawwarah, Kota Jantho. Namun, bila pada hari tersebut hujan, shalat akan dipindahkan ke dalam masjid. “Insya Allah sesuai kalender hari Rabu 5 Juni 2019 dilaksanakan, namun begitu mengenai kepastian Hari Raya Idul Fitri 1440 , kita akan merujuk pada keputusan Menteri Agama Republik Indonesia,” jelas Muhajir.

Dikatakan, shalat Ied di Kota Jantho akan dimulai pukul 07.30 WIB. Untuk itu, ia mengajak seluruh warga kota Jantho dan sekitarnya dapat melaksanakan shalat Idul Fitri 1 Syawal 1440 hijriah. “Para jamaah untuk datang lebih cepat dan membawa sajadah masing-masing untuk kenyamanan dalam pelaksanaan shalat karena ini di lapangan,” ujarnya.

Dijelaskan juga, tahun ini dalam rangka mensyiarkan gema syariat dan menyambut hari raya Idul Fitri 1440 hijriah, Pemkab Aceh Besar juga melaksanakan lomba pawai Takbir Keliling yang akan di ikuti oleh 65 grup atau peserta yang terbagi dalam kelompok masyarakat dan OPD dengn total hadiah Rp. 55.000.000 (lima puluh lima juta rupiah).

Pawai takbir akan dilepas oleh Bupati Aceh Besar Ir Mawardi Ali bersama unsur Forkopimda Aceh Besar. Takbir Keliling ini akan start dan finish dari halaman Masjid Jamik Lambaro Kecamatan Ingin Jaya dengan berkeliling menuju arah Bandara Sultan Iskandar Muda Blang Bintang bagi mobil hias dan kembali ke mesjid Jamik Lambaro.”Para pejalan kaki hanya sampai Gampong Gani dan kembali ke arah finish,” terang Kabag Humas dan Protokol Setdakab Aceh Besar.

Foto: Abrar Zym