Dua Ekor Beruang Masuk Perangkap Babi

Warga bersama polisi melepaskan beruang yang terjerat perangkap babi di kebun masyarakat Gampong Ladang Neubok, Kecamatan Blangpidie, Rabu (12/6). Rahmat/Rakyat Aceh

BLANGPIDIE (RA) – Dua ekor beruang madu, terjerat perangkap babi di kawasan kebun masyarakat, di Gampong Ladang Neubok, Kecamatan Blangpidie, Kabupaten Abdya, Rabu (12/6).

Kepala Bagian Kesatuan Pengelolaan Hutan (BKPH), wilayah Blangpidie, Syukramizar mengatakan, dua ekor beruang tersebut terjerat dengan perangkap babi yang dipasang oleh warga Nias, Sumatera Utara di kebun warga desa Ladang Neubok. Dan diketahui pihaknya, setelah dilaporkan oleh masyarakat setempat.

“Pertama ada warga yang lapor kepada kami setelah itu, kita langsung bergerak menuju lokasi untuk menyaksikan,”katanya.

Disebutkan, menurut pengakuan masyarakat setempat, bahwa dua ekor beruang madu tersebut ditemukan terperangkap saat warga hendak pergi ke kebunnya.

“Beruang-nya satu besar satu kecil, tapi yang kecil sudah dalam kondisi lemas, karena terperangkap dibagian kaki, mungkin akibat berusaha melepaskan diri,”ujarnya.

Ia menyebutkan, beruang yang terperangkap tersebut tak jauh dengan rumah Bupati Abdya. “Lokasi itu tak jauh dari rumah Bupati Akmal Ibrahim, ada sekitar 1,5 kilometer jaraknya,”sebut Syukramizar.

Saat pihaknya tiba di lokasi untuk berupaya melepaskan beruang tersebut, namun pihaknya tidak berani mendekati untuk melepaskan karena beruang yang besar masih beringas. “Jadi kita minta pihak berwenang agar segera turun tangan melapaskan kedua beruang itu. Apalagi kakinya sudah terlihat luka,” terangnya.

Kedua beruang tersebut kini sudah dilepaskan dari perangkap, dan diamankan oleh pihak berwajib.”Kemungkinan kedua beruang ini akan di bawa ke Tapaktuan, Aceh Selatan, kemudian yang sudah cacat kakinya akan di bawa ke Banda Aceh untuk mendapatkan perawatan agar sembuh kembali,” katanya. (mag-80/han)