Jalan Lintas Meulaboh-Pidie Banyak Longsor

Kondisi jalan lintas Aceh Barat-Pidie. IST FOR RAKYAT ACEH

MEULABOH (RA) – Sejumlah ruas jalan di lintas Kabupaten Aceh Barat – Kabupaten Pidie mengalami russak berat akibat longsor.

Rusak terparah dan terbanyak, berada di sepanjang Kecamatan Sungai Mas, Aceh Barat, sehingga menimbulkan kekhawatiran pengguna jalan.

“Bisa dibilang, kerusakan mencapai puluhan titik longsor di jalan lintas Provinsi Aceh. Kerusakan terbanyak di jalan masuk dalam kawasan Kecamatan Sungai Mas,” ungkap Husensyah, Camat Sungai Mas, Kabupaten Aceh Barat, Rabu (12/6).

Menurutnya, kondisi badan jalan saat ini sungguh sangat membahayakan keselamatan warga yang melintas. Sehingga ia mengharapkan segera dilakukan penanganan sebelum memakan korban jiwa.

Sejumlah titik terparah longsor, di kawasan perbukitan dan pegunungan, khususnya yang masuk dalam kawasan Sarah Perlak, Lancong, dan Alue Kuyun.

Kondisi badan jalan rusak tersebut, dapat bertambah parah, jika masuki musim penghujan . “Kalau hujan, kondisi kerusakan jalan pasti akan semakin melebar karena kikisan air, jadi ini yang harus segera diantisipasi,” sambungnya.

Ia memperkirakan, jika penanganan jalan lintas provinsi ini lambat ditangani akan menyebabkan putusnya jalan penghubung Aceh Barat – Pidie. “Kami berharap kerusakan badan jalan ini agar secepatnya diperbaiki, karena apabila terus dibiarkan maka dikhawatirkan akan menyebabkan putusnya badan jalan,” terangnya.

Pemerintah Kabupaten Aceh Barat juga meminta Pemerintah Aceh yang saat ini mulai melakukan perbaikan badan jalan di jalan lintas Meulaboh, Aceh Barat-Geumpang, Kabupaten Pidie agar memulai program perbaikan jalan, dimulai dari Kecamatan Sungai Mas.

Saran ini disampaikan Camat, lantaran sebagian besar badan jalan di kawasan pedalaman kecamatan setempat, dalam kondisi rusak parah. “Kami dengar ada dana Rp. 20 miliar untuk perbaikan jalan tahun ini, kami berharap perbaikannya dapat dimulai dari Sungai Mas, Aceh Barat,” pintanya.(den/han)