Gampong Lamlagang Dicanangkan Sebagai Gampong Layak Anak

BANDA ACEH (RA) – Gampong (Desa) Lamlagang dicanangkan sebagai gampong layak anak dan Kecamatan Banda Raya sebagai Kecamatan layak anak Kota Banda Aceh Tahun 2019.

Pencanangan Gampong Lamlagang dan Kecamatan Banda Raya itu dilakukan langsung oleh Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman yang bertempat di halaman Masjid As-Sadaqah Lamlagang, Kota setempat, Rabu (19/06/2019).

Pencanangan gampong dan Kecamatan itu sesuai dengan target Pemerintah Kota pada 2021 nanti untuk dapat menjadi Kota Layak Anak (KLA) sesuai dengan kriteria yang ditetapkan oleh pemerintah pusat.

Turut hadir dalam pencanangan itu, Camat Banda Raya, Reza Kamilin, Keuchik Lamlagang, Samsul Bahri (Cut Ngoh), Perwakilan Polri, TNI, tokoh masyarakat, serta perangkat desa lainnya.

Dalam kesempatan itu, Wali Kota Aminullah menyatakan, bahwa Lamlagang dan Banda Raya sudah sangat layak ditetapkan sebagai gampong layak anak dan kecamatan layak anak. “Apalagi, gampong ini terpilih sebagai gampong terbaik untuk mewakili gampong di Banda Aceh ke Jakarta,”sebut dia.

Selain itu, kata dia, prestasi yang diraih gampong Lamlagang sangat luar biasa banyaknya, bahkan, penduduknya paling banyak serta tokoh masyarakatnya juga paling banyak di Lamlagang ini. “Jadi, sangat tepat sekali untuk menambah gampong layak anak,”ungkapnya.

“Kita berharap dengan menjadi gampong layak anak, gampong harus terus berupaya yang terbaik untuk menjaga anak-anak dari pengaruh buruk, seperti merokok, narkoba, serta pengaruh teknologi yang kurang baik,”pinta Wali Kota Banda Aceh ini.

Selain itu, kata Aminullah, Pemko Banda Aceh juga akan terus memberi dukungan kepada Lamlagang sebagai gampong layak anak. “Ada beberapa hal yang sangat perlu diperhatikan serius dari orang tua, sekolah, dan lingkungan, yakni pertama jangan sampai anak-anak kita sampai merokok,”jelasnya.

“Kalau sudah tahu marokok dipastikan akan merusak pikiran mereka. Jangan sampai anak-anak kita merokok, apalagi terlibat narkoba, karena sudah mulai merokok maka akan butuh uang, apalagi mereka belum bisa mencari uang. Ini yang harus diindari dan dijaga oleh kita semuanya,”ungkap Aminullah.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB), Media Yulizar mengatakan, dengan dicanangkannya gampong Lamlagang sebagai gampong layak anak maka sudah ada lima gampong yang tercatat sebagai gampong layak anak.

Sebelumnya, kata dia, sejumlah gampong di Banda Aceh juga sudah dicanangkan yakni Gampong Lamjabat, Gampong Lampaloh, Gampong Lampoh Daya, Kuta Baru, dan Gampong Lamlagang.

“Sementara pencanangan kecamatan Banda Raya menuju kecamatan layak anak menjadi kecamatan kedua, yang sebelumnya kecamatan Kuta Alam ditetapkan sebagai kecamatan layak anak di Banda Aceh,”jelasnya.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Wali Kota Banda Aceh dan jajaranya yang telah menetapkan Lamlagang sebagai gampong layak anak dan Banda Raya sebagai Kecamatan layak anak di tahun ini,”kata Keuchik Lamlagang, Samsul Bahri di Banda Aceh.

Ia menyatakan, pencanangan Lamlagang sebagai gampong layak anak ini merupakan sebuah moment yang sangat bersejarah bagi masyarakat Lamlagang, secara khususnya warga Kecamatan Banda Raya.

“Kita berharap Lamlagang sebagai gampong layak anak ini benar-benar terwujub sebagaimana harapan kita semua. Karena anak-anak merupakan generasi penerus Bangsa kedepan nantinya,”ujar dia.

Mereka harus benar-benar menjadi anak yang layak dan menjadi contoh teladan dalam masyarakat. “Artinya, kita tidak ingin anak-anak ini merusak aqidah dan norma-norma kehidupan yang dilarang dan tidak sesuai dengan agama, adat istiadat, dan budaya kita,”ungkap Cut Ngoh sapaan akrabnya.

Pencanangan tersebut ditandai dengan pembukaan selubung papan nama oleh Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman dan Keuchik Lamlagang, Samsul Bahri di halaman Masjid As-Sadaqah Gampong Lamlagang, Banda Aceh. (ril/ra)