KNPI Minta Polda Bentuk Mapolres Pidie Jaya

SEBIDANG Tanah di Jalan Banda Aceh - Medan, Gampong Teungkluet, Trienggadeng Pidie jaya dengan luas sekitar 40.079 M2 yang telah dibeli oleh Pemkab Pidie Jaya sekitar delapan tahun lalu sebagai pertapakan Mapolres Pidie Jaya, Rabu (19/6). RAKYAT ACEH/AMRIZAL

MEUREUDU (RA) – Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Pidie Jaya minta Kapolda Aceh, Irjen Pol Drs H Rio S Djambak, segera mengusulkan pembentukan Mapolres di Wilayah Hukum Kabupaten Pidie Jaya.

Wakil Ketua DPD KNPI Pidie Jaya, Zikrillah, SP, Rabu (19/6) mengatakan, semua lapisan masyarakat Kabupaten Pidie Jaya sangat menginginkan Mapolres Pidie Jaya segera dibentuk. Karena mengingat Kabupaten ini sudah berusia 12 tahun sejak pemekaran dari induknya Kabupaten Pidie tahun 2007.

Menurutnya, pembentukan Mapolres di Kabupaten Pidie Jaya dipandang sangat dibutuhkan masyarakat, terutama dalam upaya peningkatan pelayanan, keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas).

Dikatakan, masyarakat Pidie Jaya secara umum sangat merasa kewalahan ketika membutuhkan pelayanan dari Mapolres, karena harus pergi ke Kabupaten Pidie untuk memperoleh berbagai layanan dari yang dibutuhkan dari Polres.

Secara administrasi, pembentukan Mapolres di Kabupaten Pidie Jaya sudah mencukupi syarat sesuai dengan Peraturan Kepolisian Negara Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 2014 tentang Pembentukan dan Peningkatan Status Kesatuan Kewilayahan Kepolisan Republik Indonesia.

“Kami minta Kapolda Aceh Bapak Rio Septianda Djambak segera memperioritaskan dan segera mengusulkan Pembentukan Mapolres Pidie Jaya ke Mabes Polri di Jakarta.

Ini adalah kepentingan masyarakat umum yang harus di perioritaskan Kapolda Aceh,” ujarnya.

KNPI selaku organisasi pemuda dan masyarakat Kabupaten Pidie Jaya sangat mengaharapkan Mapolres Pidie Jaya dapat terbentuk mulai tahun 2020 di bawah kebijakan strategis Kapolda Aceh Rio Septianda Djmabak.

Dalam waktu dekat ini, KNPI Pidie Jaya akan menyurati Mabes Polri di Jakarta perihal permohonan percepatan proses pembentukan Mapolres Pidie Jaya di Wilayah Hukum Kabupaten Pidie Jaya.

Hal ini kami lakukan sebagai bukti dukungan masyarakat yang sangat kuat terhadap pentingnya pembentukan Mapolres di Kabupaten ini sesegera mungkin.

“Kami juga minta Pemerintah Kabupaten Pidie Jaya di bawah Kepemimpinan Aiyub Abbas dan Said Mulyadi untuk mendukung proses percepatan pembentukan Mapolres Pidie Jaya, ini adalah harapan dan cita-cita masyarakat Kabupaten Pidie Jaya kita yang harus menjadi perioritas Pemerintah Daerah,” demikian ujarnya. (amz/slm)