Ganja Satu Truk Gagal ke Medan

Kapolres Galus AKBP Eka Surahman melalui Kasat Narkoba Iptu Syamsuir pada press release Senin (24/6) menerangkan,tangkapan satu truk berisi ganja. (bambang yudi/rakyat aceh)

Seorang Tersangka Pelarian LP Tanjung Gusta

BLANGKEJEREN (RA) – Ganja sebanyak satu truk Colt Diesel yang coba diselundupkan tiga warga Agara berhasil digagalkan kepolisian di Pos Polisi perbatasan Uma Bundar Kecamatan Putri Betung Jalan Blangkejeren – Kuta Cane, Sabtu (22/6) lalu.

Tiga tersangka saat ini diamankan di Mapolres Gayo Lues yakni Helmi Raswandi (40) petani warga Desa Lawe Penanggalangan Kecamatan Ketambe dan Erwinsyah (370 warga desa Suka Makmur.

Sementara seorang tersangka lagi bernama Sul Karnaini (35) petani warga Desa Perapat Hilir, Kecamatan Babu Salam diketahui pelarian dari LP Tanjung Gusta Medan, pada 2013 lalu. Tersangka Sul terlibat dalam kasus yang sama divonis 15 tahun penjara, baru menjalani masa tahanannya 9 tahun.

Barang bukti berhasil diamankan 13 karung goni plastik berisi ganja kering terbungkus dalam 180 diplaster lakban kuning seberat 360 kg. Bersama ganja diamankan 1 unit truk Colt Diesel merk Mitsubishi Dengan nopol BK 8241 EJ.

Kapolres Galus AKBP Eka Surahman, melalui Kasat Narkoba Iptu Syamsuir pada press release Senin (24/6) menerangkan, penggagalan penyelundupan ganja sebanyak 360 kg berawal informasi diterima dari masyarakat akan ada mobil Colt Diesel berwarna kuning menyelundupkan ganja melalui perbatasan Uma Bundar.

“Langsung kita memasang undercover buy atau penyamaran dan penjagaan ketat untuk menyelidiki kebenaran informasi tersebut,” ujar Iptu Syamsuir.

Pada Jumat (21/6) sore sekira pukul 16.00 wib melintaslah truk dimaksud pada jalur perbatasan Uma Bundar. Tim Res Narkoba yang disiagakan di perbatasan dibantu anggota Pos Perbatasan melakukan penyetopan dan penggeledahan. Pada penggeledahan ditemukan 13 karung goni Ganja dengan berat 360 kg.

“Langsung saja sopir dan dua penumpang bersama truk berisi ganja di amankan ke Mapolres Gayo Lues,” tukasnya lagi.

Pada pemeriksaan selain ganja juga ditemukan Narkotika jenis sabu sebanyak 3 paket kecil seberat 1.26 gram. Sabu ditemui pada celana dalam salah satu tersangka bernama Helmi Raswandi. Sabu dibelinya dari AL warga Agara sebesar Rp. 1.200 000.

Dari keterangan ketiga tersangka, ganja berasal dari Desa Agusan dibeli dengan harga perkilonya 150ribu rupiah, dari AR. Ganja akan dijual ke Medan kepada PJ (buron), di Medan.

Atas perbuatannya ketiga tersangka diancam Pasal 115 ayat (2) Jo Pasal 114 ayat (2) pasal 112 ayat (1) undang -Undang RI nomor 35 tahun 2009 . Tentang Narkotika Dengan Ancaman Seumur Hidup dan Paling Sedikit 5 tahun kurungan penjara. (yud/min)