Neymar Rela Potong Gaji Besar Asal Bisa Kembali ke Barcelona

PENUH MASALAH: Neymar (kiri) saat tiba ke kantor polisi Sao Paulo, 13 June 2019. Neymar dituding melakukan perkosaan kepada model asal Brasil, Najila Trindade Mendes de Souza. (Marcelo Chello/EPA-EFE)

Harianrakyataceh.Com-Opera sabun saga transfer kembalinya Neymar ke Barcelona mulai menemui titik terang. Surat kabar olahraga yang berbasis di Barcelona, Sport, melansir bahwa bintang PSG tersebut sudah deal secara personal dengan Blaugrana.

Sport melaporkan bahwa striker Brasil tersebut sampai rela nominal gajinya di PSG dipangkas signifikan untuk kembali ke Camp Nou. Dari sekitar EUR 36 juta (Rp 579 miliar) per musim menjadi “hanya” EUR 24 juta (Rp 386 miliar). Nominal itu disebut hampir sama dengan gaji Neymar di Barca sebelumnya.

”Neymar setuju dengan kontrak berdurasi lima musim bersama Barca,” tulis Sport. Bahkan, beberapa jam sebelum klaim Neymar deal dengan Barca muncul, dia juga disebut akan meminta maaf secara terbuka mengenai kesalahannya pindah ke PSG dua musim lalu.

Hubungan Neymar dan petinggi PSG memang sangat memburuk. Kabarnya, Neyemar sudah mengirimkan pesan ke presiden PSG Nasser Al-Khelaifi bahwa dia sudah tidak betah berada di Paris.

Tapi, kendala utama ada pada cara memulangkan Neymar ke Barca. Sebab, PSG tidak akan menerima harga kurang dari EUR 200 juta (Rp 3,21 triliun). Nominal itu akan membuat PSG rugi EUR 22 juta (Rp 353,9 miliar) ketika memboyongnya 2 musim lalu dengan nilai transfer besar menembus EUR 222 juta (Rp 3,57 triliun).

Masalahnya, Barca baru sukses menjual satu pemainnya yakni Andre Gomes yang mendarat ke Everton dengan harga EUR 25 juta (sekitar Rp 402,5 miliar). Juara Liga Spanyol musim lalu itu setidaknya butuh EUR 70 juta (Rp 1,12 triliun) sebelum 1 Juli untuk menyeimbangkan laporan keuangan mereka musim lalu. Tapi, proses penjualan dua pemain lainnya yakni Jasper Cillessen dan Rafinha belum selesai sepenuhnya.

Malahan, mereka juga harus membayar transfer Frenkie de Jong dari Ajax Amsterdam seharga EUR 75 juta (Rp 1,2 triliun). Itu belum termasuk “perjanjian lama” dengan striker Atletico Madrid Antoine Griezmann seharga EUR 120 juta (Rp 1,93 triliun) yang juga belum menemui kejelasan.

Ada skema lain yang bisa ditawarkan Barca. Yakni, uang plus pemain. Untuk pemain, nama Philippe Coutinho dan Ousmane Dembele bisa menjadi opsi. Sebab, posisi keduanya sama dengan Neymar. Musim lalu, baik Coutinho maupun Dembele belum bersinar.

Editor : Ainur Rohman

Reporter : Apridio Ananta