Terpilih Secara Aklamasi Tgk Al Mujani Pimpin MPU Dua Periode

Ketua MPU dan pengurus menandatangani usai dilantik di ruang aula Setdakab Bener Meriah, Kamis (27/6). MASHURI/RAKYAT ACEH

REDELONG (RA)- Kembali terpilih secara aklamsi, Tgk Almujani resmi dilantik menjadi Ketua MPU (Majelis Permusyawaratan Ulama) untuk yang kedua kalinya di Aula Setdakab Bener Meriah, Kampung Serule Kayu, Kecamatan Bukit, Kamis (27/6).

Ketua MPU Bener Meriah, Almujani beserta pengurus lainnya dilantik untuk priode 2019-2024, oleh Plt Sekretaris Daerah, Khairun Aksa, SE.MM, berdasarkan Surat Keputusan Bupati Bener Meriah, Nomor 450/320/SK/2019, Tanggal 19 Juni 2019 M, 15 Syawal 1440 H.

Adapun susunan pengurus Majelis Permusyawaratan Ulama, Kabupaten Bener Meriah Periode 2019-2024, antara lain, Ketua Tgk. Al Muzani Ketua II Tgk. Abdurrahman, S.Sy, Wakil Ketua I Tgk. Pakamudin, S.Sy, Wakil Ketua II Komisi A. Tgk. Yusrol Hana, MHI Ketua II Tgk. Luthfi Harun.

Untuk Sekretaris yakni, Tgk. Sinardi, S.Sy, Anggota Suadi Alany, Tgk. Jamal Husaini dan untuk Komis B yaitu, Tgk. Muklis Samudra, S.Pdi, Ketua II Tgk. Anwar Sadat, Sekretaris Tgk. Ismail. HS yang beranggotakan Tgk. Sulaiman Tgk. Zambiuni, Tgk. Abdurrahman, Shi.

Selanjutnya, untuk Komisi C. dipimpin oleh Tgk. M. Arafit Sekretaris Tgk. Iswandi Hakim anggota Tgk. Sayuti, Tgk. Poniman, Tgk. Abdul Karim, dan Ustazah Qamariah.

Sementara itu untuk, Dewan Kerhormatan terdiri dari, Dewan Kehormatan, Ketua I Tgk. Baharuddin Usman Ketua II, Tgk. H. M. Alimal yang berangotakan Tgk. Ismail HG, S.Sy Tgk. H. Shaleh dan Tgk. M. Nurdin.

Dalam sambutannya, Plt Sekda Khairun Aksa, SE. MM mengucapkan, selamat atas pelantikan anggota MPU Bener Meriah Periode 2019-2024. “ Semoga para anggota MPU yang baru dilantik dan dikukuhkan dapat menjalankan tugas dengan amanah serta berdedikasi tinggi untuk kepentingan umat,” ujarnya.

Menurutnya, sebagai mitra kerja Pemerintah Daerah, MPU merupakan ujung tombak dalam mensosialisasikan misi Kabupaten Bener Meriah yang pertama, untuk mewujudkan Syariat Islam secara Kaffah di Kabupaten Bener Meriah.

Ia menambahkan, Pemerintah Daerah juga mengharapkan dukungan semua pihak agar program-program yang akan dilaksanakan pengurus MPU Bener Meriah bermanfaat bagi kemajuan umat dan daerah.

Dengan demikian, peningkatan dakwah dan semangat melaksanakan Dinul Islam di kalangan masyarakat akan terus meningkat.

Mewakili Pemerintah Daerah ia juga mengaku yakin, kepengurusan yang baru dilantik ini akan mampu berbuat banyak untuk kemajuan umat dan daerah. Sebab, kerjasama yang baik antara Pemerintah Daerah, pengurus MPU, para ulama, dan masyarakat akan sangat dibutuhkan untuk memajukan dan mensyiarkan Dakwah Islamiyah di kalangan seluruh stakeholder di Kabupaten Bener Meriah.

“Kami juga berharap, agar MPU senantiasa berbuat untuk umat dan kemajuan daerah ini jangan lupa agar selalu bekerjasama dengan seluruh komponen masyarakat dan akan menjadi penerang bagi kemajuan umat dan bagi kami eksistensi MPU sangatlah penting dalam rangka pembinaan umat ke depan, sebagai alat pengawasan kinerja Pemerintah Daerah dalam memberikan fatwa hukum, saran serta masukan dan nasehat terkait pembangunan daerah,” ungkapnya.

Melalui pelantikan itu ia juga berharap dapat menjadi momentum untuk mewujudkan MPU sebagai suatu wadah yang sangat signifikan dalam pelaksanaan pembangunan di Kabupaten Bener Meriah. “Dengan kerjasama yang baik, berbagai program akan mampu diselesaikan, terutama untuk mengatasi kedangkalan aqidah di kalangan umat yang selama ini kian muncul.

Karena semua kalangan sangat diharapkan bisa mengatasi kedangkalan aqidah di kalangan masyarakat,” katanya.

Sementara itu Tgk. Almuzani selaku Ketua MPU periode 2019-2024 mengharapkan dukungan penuh, arahan, dan bimbingan penuh untuk kebijakan apa yang akan MPU laksanakan, baik secara lisan tupoksi MPU, maupun secara tertulis, untuk mengembangkan Kabupaten Bener Meriah.

“Mudah-mudahan MPU Bener Meriah ke depan bisa memberikn kontribusi, pemasukan, terutama mengenai keagamaan kepada lini-lini yang sempit, lini-lini yang sekiranya terbuka di lingkup Kabupaten Bener Meriah,” ujarnya. (uri/han)