Johan Pahlawan Juarai MTQ Aceh Barat

Rakyat Aceh

MEULABOH (RA) – Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-34 tingkat Kabupaten Aceh Barat tahun 2019, resmi ditutup. Lapangan bola kaki Desa Meutualang Kecamatan Panton Reu, Sabtu (29/6).

Bupati Aceh Barat, H Ramli MS menutup perhelatan tersebut dengan ditandai penyerahan Piala Bergilir Bupati Aceh Barat kepada Camat Johan Pahlawan Surya Kencana SSTP MSi, yang berhasil meraih juara umum pada MTQ kali ini.

Ia juga memperoleh uang pembinaan Rp12 juta. Sedangkan untuk Juara ke-2 diraih Kecamatan Meureubo, juara ke-3 diraih Kecamatan Bubon.

Dan juara harapan 1 Kecamatan Panton Reu dan juara harapan 2 Kecamatan Samatiga.
Bupati Aceh Barat H. Ramli MS dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada masyarakat Panton Reu, TNI, Polri, Satpol PP dan WH, panitia, hakim, peserta serta semua pihak yang telah mensukseskan pelaksanaan MTQ kali ini sehingga dapat berjalan aman dan tertib.

“Kemarin saat pembukaan, saya ada menjanjikan bonus bagi Satpol PP dan WH apabila berhasil mengamankan dan menangkap orang yang membuat onar di MTQ ini, namun Alhamdulillah MTQ kali ini berjalan aman dan tidak ada yang berbuat onar, namun bonus tersebut tetap saya berikan kepada Satpol PP dan WH melalui Kasat” ucapnya.

Bupati juga mengatakan akan merealisasikan pembangunan stadion mini dan aspal hotmix di lokasi MTQ ini pada tahun 2020, namun Bupati meminta kepada Camat dan aparatur gampong untuk menghidupkan aktivitas ekonomi di lokasi tersebut sehingga pembangunan yang dilakukan tidak sia-sia karena tidak adanya aktivitas masyarakat lokasi tersebut.

Ia juga meminta agar kedepannya panitia dapat duduk bersama menyusun kembali anggaran yang lebih baik untuk memaksimal pelaksanaan MTQ dimasa yang akan datang.

Bupati juga mengajak seluruh masyarakat Aceh Barat untuk menerima keputusan MK kemarin yang memenangkan pasangan Jokowi-Ma’ruf. “Semoga pak Jokowi dapat menjadi Bapak pemersatu bangsa, dalam demokrasi kalah menang itu hal biasa” ucap Bupati Ramli MS.

Sementara itu, Camat Panton Reu Zakaria, SE juga menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi mensukseskan MTQ di Kecamatan Panton Reu. “Semoga MTQ kali ini dapat memberikan kesan yang indah dan dapat mengharumkan nama Aceh Barat di MTQ tingkat Provinsi Aceh di Pidie” ungkapnya.

Zakaria juga memohon maaf kepada semua pihak khususnya kepada Khafilah apabila ada yang tidak maksimal dalam pelayanan, Zakaria juga mengucapkan terima kasih kepada Bupati H. Ramli MS atas perhatiannya yang akan membangun jalan hotmix dan stadion mini di lokasi MTQ ini.

Pada acara itu, juga diumumkan pemenang bagi para Khafilah yang menjuarai cabang-cabang yang dilombakan, yakni Tilawatil Quran, Qira’ah Sab’ah, Tahfidzul Qur’an, Khattil Quran, Fahmil Quran, Syarhil Quran, Musabaqoh Makalah Qur’an (MMQ) dan tafsir Qur’an.

Para pemenang selain mendapatkan piala, juga mendapatkan uang pembinaan yakni untuk Terbaik I mendapatkan uang sebesar Rp2,5 juta, terbaik II mendapatkan uang sebesar Rp2,2 juta dan terbaik III mendapatkan uang sebesar Rp2 juta.

Para peserta MTQ yang berhasil meraih sebagai pemenang dalam MTQ ini, akan mewakili Aceh Barat pada MTQ tingkat provinsi Aceh di Kabupaten Pidie. (den/han)