BPJS Kesehatan Tembus Pelosok Gampong untuk Sosialisasikan JKN-KIS

BPJS Kesehatan Sosialisasikan JKN-KIS hingga pelosok Aceh Besar, Kamis (11/7). Foto : ist

ACEH BESAR (RA) – Untuk meningkatkan pemahaman masyarakat dan penyebaran informasi Program Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) secara merata sampai sampai ke pelosok Gampong (Desa dalam bahasa aceh- red), BPJS Kesehatan Cabang Banda Aceh melaksanakan Sosialisasi Program JKN-KIS pada Kamis (11/7) di Gampong Lamkuta Blang Mee Kecamatan Lhoong Kabupaten Aceh Besar.

“Kegiatan ini diselenggarakan sebagai salah satu rangkaian acara dalam memperingati Hari Ulang Tahun BPJS Kesehatan ke-51, yang tepat jatuh pada tanggal 15 Juli 2019, alasan kenapa kita memilih desa ini karena memang jauh dari pusat kota dan untuk ke Kantor BPJS Kesehatan Cabang Banda Aceh masyarakat harus menempuh perjalanan kurang lebih 1 jam perjalanan darat dengan kondisi geografis yang harus melewati gunung yang terjal dan pastinya membutuhkan biaya transportasi yang tidak sedikit, oleh karena itu selain sosialisasi program JKN-KIS kami juga membuka kanal pendaftaran melalui Mobile Customer Service (MCS) untuk melakukan pendaftaran, perubahan data dan pemberian informasi,” ungkap Asisten Deputi Direksi Bidang Keuangan dan Manajemen Risiko , Idris Halomoan yang didampingi oleh Pps. Kepala BPJS Kesehatan Cabang Banda Aceh, Zahlina.

Kegiatan yang dihadiri oleh 100 peserta sosialisasi yang terdiri dari Unsur Muspika Kecamatan Lhoong, Kepala Puskesmas Lhoong, aparat Gampong setempat serta masyarakat sekitar, diharapkan dapat memahami hak dan kewajiban menjadi peserta JKN-KIS serta dapat mengetahui informasi terbaru Program JKN-KIS.

“Sebelum kemari tadi kami juga telah mengunjungi Puskesmas Lhoong untuk memastikan pelayanan kesehatan berjalan dengan baik dan maksimal bagi peserta JKN-KIS di Gampong setempat yang sebagian besar berasal dari segmen Penerima Bantuan Iuran (PBI) dan saya bersyukur dapat melihat langsung fasilitas yang ada di Puskesmas Lhoong telah sangat bagus mulai dari obat, ruang lab, ruangan poli juga sudah dilengkapi dengan ac dan juga puskemas tersebut sangat bersih dan nyaman,” ucapnya.

Tidak hanya itu, diakhir kegiatan BPJS Kesehatan menyerahkan bantuan berupa Peralatan Olahraga, Buku dan Iqra’ kepada Gampong Lamkuta Blang Mee sebagai bentuk wujud kepedulian BPJS Kesehatan terhadap masyarakat atau lingkungan sekitar yang membutuhkan melalui program Organization Social Responsibility atau OSR BPJS Kesehatan.

Keuchik (kepala desa dalam bahasa Aceh – red) Gampong Lamkuta Blang Mee, Mujiburrahman mengatakan masyarakat sangat senang dan antusias atas kehadiran BPJS Kesehatan di gampong – nya.

“Masyarakat sangat senang dan antusias karena ini sangat memudahkan dalam mengakses layanan pendaftaran melalui MCS dan pemberian informasi kepada masyarakat, mengingat jarak yang harus ditempuh serta biaya transportasi yang dikeluarkan untuk sampai ke Kantor BPJS Kesehatan karena letak geografis yang jauh dari pusat kota,” ungkapnya. (rq/ra)