PSGC Ciamis vs Persiraja: Tak Mau Anggap Enteng

Harianrakyataceh.com – Memasuki pekan ke lima Liga 2 musim kompetisi 2019, Persiraja kembali melakoni laga tandang. Kali ini, dijamu tim asal Jawa Barat, PSGC Ciamis di Stadion Galuh Ciamis, Sabtu (13/7). Laga tersebut merupakan partai kandang ke dua bagi tuan rumah, dan partai tandang ke tiga bagi Persiraja.

Tim dari bumi Serambi Mekkah diprediksi tidak akan mudah merebut poin di sana. Sekalipun PSGC saat ini berada di posisi juru kunci klasemen sementara wilayah barat, mereka dipastikan memiliki motivasi lebih untuk merangkak dari zona degradasi.

“Kita tidak bisa memandang enteng. Kekuatan di Liga 2 merata. Dengan berjalanya waktu, Ciamis pasti ada grafik dan dia pasti tidak akan mau kalah,” terang Pelatih Persiraja, Hendri Susilo.

Karena itu, Persiraja enggan meremehkan tuan rumah. Apalagi Persiraja datang dengan kondisi pincang. Di tengah keterbatasan pilihan di lini bawah, badai cedera menerpa. Sejumlah pilar penting yang mengisi skuat inti cedera. Agus Suhendra mengalami cedera hamstring, dan Aliyah Alfuad mengalami cedera lutut ACL.

Kondisi itu jelas membuat kedua sisi kanan-kiri bek tim berjuluk Laskar Rencong timpang. Satu slot bisa diisi wing bek gaek eks Gresik United dan juga Aceh United, Ikhwani Hasanuddin. Sedangkan di satunya masih belum diketahui siapa yang bakal tampil. Ada nama Hidayat, juga Nurul Zikra.

Berkaca dari pertemuan melawan Cilegon United, Hendri tampaknya lebih suka mencoba Zikra. Meskipun bukan pada posisi asli, sejatinya ia adalah sayap murni. Malam itu, pemain kidal asal montasik itu menjadi kali pertama tampil untuk kompetisi Liga 2 musim ini. Zikra masuk di menit 74′ menggantikan Alfuad.

Kondisi lini pertahanan Persiraja memang terbilang riskan, selain diterpa badai cedera, gawang Laskar Rencong hingga kini selalu kebobolan. Dengan rataan, masing-masing satu gol per pertandingan. Krisis di area paling sensitif itu, nyatanya tidak membuat Hendri ambil pusing. Ia memilih cuek dan mencoba memaksimalkan apa yang ada.

“Yang ada aja yang main, yang cedera gak usah dipikir,” ujarnya kepada Rakyat Aceh, Jum’at (12/7).

Lebih jauh, ia meminta anak asuhnya untuk bermain militan, kerja keras dan pantang menyerah bila ingin membawa pulang poin dari Ciamis. Motivasi lebih tuan rumah patut diwaspadai punggawa Persiraja. Terlebih, PSGC dihuni beberapa pemain sarat pengalaman, seperti adiknya Zulham Zamrun; Zulvin Zamrun, Joko Sasongko, hingga eks Sriwijaya FC dan Persipura, Bio Paulin.

Mengenai peluang mendapatkan poin, Hendri menilai kedua tim memiliki peluang yang sama. Ia pun enggan mengestimasi peluang, lebih kepada kesiapan, kerja keras dan mentalitas anak asuhnya, hingga soal takdir. Sejauh ini, meskipun masih terus mencari pola permainan indah, Persiraja baru kalah satu kali, di laga perdana kala bermain di kandang Persibat Batang 1-0.

“Sepak bola gak bisa kira-kira, semua klub mau poin intinya di lapangan. Hasil kita serahkan Allah. Kesempatan untuk meraih poin sama-sama ada, jadi kita harus kerja keras,” tutup Hendri.

Dalam lawatan ke Ciamis, Persiraja memboyong sebanyak 16 pemain. Skuat Laskar Rencong berangkat dari bandara internasional Sultan Iskandar muda (SIM) hari Kamis (11/7). Dengan pesawat keberangkatan Citilink. Untuk diketahui, laga terakhir (pekan ke empat), kedua tim bernasib tak sama. Persiraja menang dengan poin penuh di kandang atas Cilegon United, dan PSGC Ciamis takluk di kandang Babel United demgam skor 2-1. (icm/rif)

Perkiraan Susunan Pemain:

Persiraja:
Fakhrurrazi Kuba (PG), Luis Irsandi, Andhika Kurniawan, Ikhwani Hasanuddin, Hidayat, Ferry Komul (c), Zamrony, Defry Rizki, Andre Abubakar, Ahsanur Rijal, Irvan Yunus Mofu.

PSGC:
Dedi Haryanto (PG), Muhammad Rzqi Darmaparayana Gunawan, Ivan Julyandhy, Vinsens Yohan Andhika, Muhamad Taufan, Bio Paulin Pierre (c), Rosian Indira Saputra, Joko Sasongko, Aldi Imron, Zulvin Zamrun, Andesi Setyo Prabowo.