SSB POSILA Wakil Aceh Piala Menpora U-14

Juara : Kapten tim POSILA Blang Panyang, Lhokseumawe, Muhammad Farhan, menerima piala dari perwakilan Menpora dan BLiSPI pusat, Bapak Ali Sunan. POSILA dinobatkan sebagai juara 1 Liga Sepakbola Berjenjang U-14 Piala Menpora tingkat Provinsi Aceh 2019. M Susahdi/Rakyat Aceh

LHOKSEUMAWE (RA)-Sekolah Sepakbola (SSB) POSILA yang berada di Gampong Blang Panyang, Kecamatan Muara Satu, Lhokseumawe, berhasil mengikuti liga sepakbola berjenjang U-14 piala Menpora, 25 hingga 31 Agustus 2019 di kota Solo, Surakarta. Tim SSB POSILA ini mewakili Provinsi Aceh tingkat nasional dalam event tahunan tersebut.

Kepastian Tim POSILA Blang Panyang meraih tiket nasional setelah di partai final Liga Menpora Tingkat Provinsi Aceh yang berlangsung di Stadion PT. Perta Arin Gas Lhokseumawe berhasil mengalahkan tim SSB SMP Negeri 6 Lhokseumawe secara dramatis melalui tos tosan (undian).

“ Tos tosan ini dilakukan setelah pertandingan final kedua tim bermain imbamg selama 2 x 25 menit dengan score akhir 0-0, yang kemudian dilanjutkan dengan tendangan adu finalty masing-masing tim 5 penendang dan hasilnya 3-3. Setelah score adu finalty ini juga seri, maka harus dilakukan undian untuk menentukan juaranya, dan SSB. POSILA yang memenangkan undian ini,” ujar Drs. Ishaq Rizal, M. Si, Ketua BLiSPI Provinsi Aceh, kepada Rakyat Aceh.

Lanjut pria ini, dalam pertandingan tersebut, sejak pluit babak pertama yang dipimpin oleh Wasit Syafrizal dari Bireuen, kedua tim bermain sangat ketat dan juga keras sehingga terpaksa wasit mengeluarkan 3 kartu kuning, 2 untuk pemain SMPN 6 Lhokseumawe dan 1 untuk pemain POSILA. Namun secara teknik dan kualitas sebenarnya dimenangkan oleh tim POSILA, dimana terdapat 6 tendangan keras yang dilesakkan oleh penyerang andalan POSILA yaitu Asri Akbar dan Albajili yang mengarah ke gawang SMP 6 Lhokseumawe selalu dapat diselamatkan oleh penjaga gawang.

“ Anak-anak POSILA dibawah intruksi pelatih Sulaiman dan Manager Tim Taharudfin Fakreh selalu memberi semangat para pemainnya agar terus menyerang dengan tetap menjaga pertahanan apalagi di lini tengah POSILA dikoordinir oleh Muhammad Raju yang merupakan pemain terbaik nasional U-11 saat tampil pada seri nasional di Liga Menpora 2017 di Magelang dan Liga BLiSPI 2017/2018 di Medan serta dibantu oleh Rivaldi Hammam,” sebut Ishaq Rizal.

Ketua BLiSPI Provinsi Aceh menyebutkan, pelaksanaan Liga Sepakbola Berjenjang Piala Menpora U-14 Tingkat Provinsi Aceh diikuti oleh 12 tim peserta yang merupakan tim Juara Liga yang di tingkat Korda (Kabupaten/Kota) di seluruh Aceh yang berlangsung sejak 22 April hingga 28 Juni 2019.

Adapun tim Juara tingkat Korda sebagai tim perwakilan Kabupaten/Kota adalah, SSB. Elang Biru Langsa (perwakilan Kabupaten Aceh Tamiang dan Kota Langsa), SSB. Rencong Timur Idi (Juara Kabupaten Aceh Timur), SSB. Benteng Gatra (Runner Up Kabupaten Aceh Timur), SSB. POSILA Blang Panyang (Juara Kota Lhokseumawe), SSB. SMP 6 Lhokseumawe (runner up Kota Lhokseumawe), SSB. SMP N 1 Dewantara (Juara Aceh Utara), SSB. Mercy (Rinner up Aceh Utara), SSB. Rajawali Bener Meriah (Juara 1 Aceh Tengah, Bener Meriah dan Gayo Lues), SSB. Takengon United (runner up Aceh Tengah, Bener Meriah dan Gayo Lues), SSB. Mutiara Raya (Juara Kabupaten Pidie dan Pijay), SSB. Tunas Garuda Sabang (Juara Kota Banda Aceh, Aceh Besar, Kota Sabang dan Aceh Jaya), serta SSB. Barona Banda Aceh (Runner up Banda Aceh, Sabang, Aceh Besar dan Aceh Jaya).

Perjalanan SSB. POSILA Blang Panyang dalam meraih Juara 1 sekaligus menjadi wakil Provinsi Aceh ke Seri Nasional tidaklah mudah, dimana di penyisihan grup hanya mampu mengalahkan SSB. Rencong Timur 1-0, dan menang 3-0 dari SSB. Rajawali Bener Meriah.

“ Setelah meraih juara grup, dibabak 8 besar POSILA hanya menang 1-0 dari SSB. Mercy, sementara itu di partai semifinal mengalahkan SSB. Benteng Gatra Peurlak Aceh Timur dengan score 2-0 dan lolos ke babak final,” ungkap Ishaq Rizal menyebutkan Direktur SSB POSILA itu sendiri dipegang oleh dr Indra Gunawan Ramadhana.
Sebut Ketua BLiSPI Provinsi Aceh, dalam rangka memperkuat tim SSB. POSILA Blang Panyang untuk mengikuti Liga Menpora tingkat nasional di Solo, dan sesuai regulasi akan menyeleksi sejumlah pemain yang tampil gemilang dari seluruh tim peserta tingkat Provinsi Aceh (selain tim POSILA) yang nantinya akan diambil hanya 6 orang pemain saja.

“Rencananya Tim POSILA akan memberangkatkan 20 pemain dan 5 orang oficial tim ke Solo Provinsi Jawa Tengah, 23 Agustus sampai 1 September 2019. Untuk itu kami memohon doa restu dan dukungan dari seluruh masyarakat Kota Lhokseumawe khususnya dan masyarakat Aceh pada umumnya semoga Tim Perwakilan Provinsi Aceh (POSILA) ini dapat tampil dengan maksimal dan mampu meraih prestasi gemilang nantinya,” harapnya. (msi)