2019, Seluruh Desa di Aceh Dialiri Listrik

Plt Gubernur Aceh, Ir Nova Iriansyah MT, meresmikan sambungan jaringan listrik bagi warga Sikundo, Pante Ceuremen, Aceh Barat. IST/FOR RAKYATACEH

BANDA ACEH (RA) – Target pemerintah Aceh pada tahun 2019, semua desa di Aceh sudah dialiri listrik. Sesuai laporan PT PLN Aceh, lebih 6.000 desa di Aceh sudah teraliri listrik, hanya tinggal 3 desa yang belum memiliki jaringan listrik.

Hal itu disampaikan Plt Gubernur Aceh, Ir Nova Iriansyah MT, saat menyampaikan pidato pada peletakan batu pertama pembangunan 39 unit rumah Komunitas Adat Terpencil (KAT) dan Penyambungan Listrik gratis rumah sederhana di Desa Sikundo, Pante Ceuremen, Aceh Barat, Senin (15/7).

“Perencanaan jangka menengah pemerintah Aceh juga mentargetkan tahun 2019 ini sudah 100 persen desa di Aceh dialiri listrik, dan 1 bulan kedepan tiga desa yang belum punya listrik akan segera menyala,” kata Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah.

Desa yang belum dialiri listrik adalah 2 desa di Simpang Jernih Aceh Timur dan 1 Desa Haloban, Kepulauan Banyak, Aceh Singkil.

“Sudah sejak setahun PLN bekerja keras, mudah-mudahan satu bulan kedepan 3 desa ini sudah memiliki listrik. Pas memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia 17 Agustus 2019, seluruh desa di Aceh sudah teraliri listrik,” demikian jelas Nova Iriansyah.

Pada acara di desa yang berjarak sekitar 20 kilometer dari jalan negara Meulaboh dihadiri Asisten II Sekda Aceh Taqwallah, Kepala Dinas Sosial Alhudri, Kepala Badan

Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) Teuku Ahmad Dadek, Bupati Aceh Barat Ramli MS, Danrem, Kapolres Aceh Barat, Kepala Kejari Aceh Barat, General Manager PT. PLN Aceh, Wakil Ketua DPRA Dalimi, SE,Ak, Anggota Komisi III DPR Aceh Alaidin Abu Abbas, Dirut PT. Mifa Bersaudara, tokoh dan masyarakat setempat. (ril/diskominsa aceh/bai)