Mahar Gapensi Rp300 Juta

Ketua Panitia Pengarah (SC) Musda Gapensi Aceh, Teuku Alaidinsyah, didampingi pengurus BPD Gapensi Aceh, menyerahkan formulir pendaftaran calon Ketua Umum BDP Gapensi Aceh pada Muchtar Paratex, Senin (22/7). BAIHAQI/RAKYATACEH

Muchtar Paratex Pertama Ambil Formulir

BANDA ACEH (RA) – Badan Pimpinan Daerah (BPD) Gabungan Pelaksana Kontruksi Nasional Indonesia (Gapensi) Aceh menetapkan mahar Rp300 juta yang ingin maju sebagai Ketua Gapensi Aceh.

“Penetapan biaya tersebut digunakan untuk pelaksanaan selama Musda IX berlangsung. Uang tersebut tidak dapat dikembalikan apabila salah satu kandidat tidak terpilih,” kata Ketua Panitia Pengarah (SC) Musda Gapensi Aceh, Teuku Alaidinsyah, Senin (22/7) di kantor BPD Gapensi Aceh.

Seperti diketahui BPD Gapensi Aceh akan mengelar Musyawarah Daerah (Musda) IX yang akan digelar di sebuah hotel kawasan Lamprit, Banda Aceh, pada tanggal 30-31 Juli 2019 mendatang.

Kata Alaidin, apabila usai Musda ada kelebihan dana, maka uang tersebut akan masuk ke kas pengurus yang akan datang dan penetapan biaya partisipasi tersebut berdasarkan kesepakatan bersama dan bukan atas putusan sepihak dari BPD Gapensi Aceh. “Ini bukan putusan sepihak, melainkan atas kesepakatan bersama,” ujarnya.

Sedangkan untuk pendaftaran dibuka mulai hari ini (kemarin) sampai 26 Juli 2019 dan sebagai syarat berdasarkan ketentuannya harus menjadi anggota Gapensi Aceh selama tiga tahun dan pernah duduk dalam badan pengurus Gapensi baik di tingkat BPP, BPD maupun BPC sekurang-kurangnya satu masa bakti.

“Tidak boleh rangkap jabatan dengan pengurus LPJK maupun di asosiasi sejenis lainnya,” sebutnya.

Pada saat pengembalian formulir, kata Teuku Alaidinsyah, calon ketua harus melampirkan copy sertifikat keanggotaan tiga tahun berturut-turut mulai dari 2017 sampai 2019 dan bukti setoran uang partisipasi ke rekening BPD Gapensi serta formulir pendaftaran calon ketua bermaterai.

Saat didampingi Organizing Committee (OC), Dedy Saputra Lukman, ia menjelaskan peserta Musda IX nantinya terdiri dari BPP Gapensi Pusat sebanyak tiga orang, BPD Gapensi Aceh 25 orang dan BPC masing tiga orang dari 23 kabupaten/kota di Aceh.

“Pembukaan nanti akan dilaksanakan di Anjoeng Mon Mata pada hari Selasa (30/7) malam pada pukul 20.30 WIB, yang diawali makan malam,” kata Alaidinsyah.

Muchtar Paratex Daftar
Sementara itu, wakil bendahara BPD Gapensi Aceh periode saat ini, Muchtar Paratex, mengambil formulir pendaftaran calon Ketua Umum BPD Gapensi Aceh periode 2019-2024.

“Saya mengambil formulir pendaftaran calon Ketua Umum BPD Gapensi Aceh ini sebagai bentuk kepedulian terhadap pembangunan Aceh, terutama di bidang infrastruktur,” kata Muchtar.

Kata Muchtar, selain dirinya ada beberapa pengurus juga akan mengambil formulir, sebagai bentuk kepedulian kemajuan Gapensi Aceh dan pembangunan Aceh. (bai)