Warga Bersama Babinsa Bendung Sungai Kala Tripa

Masyarakat Desa Oasir melakukan gotong royong bendung sungai Kala Tripe bersama Babinsa, Rabu (24/7).

BLANGKEJEREN (RA) – Warga Desa Pasir, Kecamatan Tripe Jaya bersama Bintara Pembina Desa (Babinsa) dari Komando Rayon Militer (Koramil) 06/Tripe Jaya Kodim 0113/Gayo Lues, melakukan kerjasama membendung sungai Kala Tripa.

Upaya pembendungan tersebut dilakukan hanya dengan menggunakan bahan seadanya yakni, susunan dari Batang Bambu, Rabu (24/7).

“Pembendungan ini dilakukan secara bergotong royong membuat tanggul irigasi dengan bambu setiap tahunnya, khususnya saat memasuki musim tanam padi.

Kami bersama kelompok tani dan masyarakat Desa Uyem Beriring, Pulo Gelime dan pasir, membuat tanggul bambu di aliran sungai Desa Pasir guna mengaliri sawah seluas 120 hektar di ketiga desa,” kata Babinsa Teripe Jaya, Kopda Nurdin.

Sementara Penghulu Desa Pasir, Sabil mengungkapkan, pembuatan tanggul ini selalu dilakukan ketika masuk musim tanam padi karena keterbatasan irigasi permanen untuk mengaliri sawah masyarakat di 3 desa tersebut.

“Mudah-mudahan air mengaliri areal sawah dengan baik, dan bisa meningkatkan hasil produksi para petani,” katanya.

Komandan Koramil 06/Tripe Jaya melalui Batuud Serma Andi Putra mengatakan, petani sudah sangat berpengalaman dalam mengolah lahan pertanian, namun dengan pendampingan para anggota TNI diharapkan dapat membantu perawatan pemeliharaan tanaman padi menjadi lebih baik dan meningkatkan hasil panen.

“Misi pendampingan ini intinya, mengajak petani untuk melakukan pengolahan lahan, perawatan tanaman, dan perawatan teknis pengairan, agar hasil produksi padi semakin meningkat,” sebutnya. (yud/han)