Pembangunan Gedung Serba Guna Dilanjutkan

Gedung Serba guna yang terbengkalai, bakal dilanjutkan pembangunannya tahun depan.

Terbengkalai Sejak 2014

MEUREUDU (RA) – Pemerintah Kabupaten Pidie Jaya berencana melanjutkan kembali pembangunan gedung serba guna yang terlantar sejak tahun 2014. Pembangunan dilakukan tahun depan setelah evaluasi kerusakan oleh tim ahli.

Sekretaris Daerah Pidie Jaya, Abd Rahman Puteh mengatakan, beberapa waktu lalu, gedung serba guna berada di belakang kantor bupati telah diaudit dan review oleh Badan Pengawasan Keuangan Pembangunan ( BPKP). Hasilnya, bangunan dapat dilanjutkan pembangunan, tapi harus dievaluasi dan direkomendasikan oleh tim ahli.

” Tahun ini kita anggarkan Rp 200 juta untuk di evaluasi kerusakan apa saja yang dialami dan apa yang seharusnya dilanjutkan pembangunannnya,” kata Sekda kepada Rakyat Aceh, Kamis (25/7) kemarin.

Setelah dievaluasi dan tim ahli mengeluarkan rekomendasinya, baru kemudian Pemkab akan menganggarkan anggaran untuk lanjutan pembangunan lanjutan gedung tersebut, dimulai pada 2020.

Penuntasannya tidak dilakukan sekaligus, tepati dilakukan secara bertahap tiap tahun hingga rampung dan fungsional. ” Tahun 2019 ini dilihat dulu apa-apa saja yang rusak untuk dapat dilanjutkan pembangunannya mulai tahun 2020 nanti,” ujarnya.

Dijelaskan, hutang Pemkab dengan pihak ketiga yakni rekanan kontraktor pelaksana pembangunan gedung tersebut juga sudah diselesaikan berdasarkan hasil audit dan review dari BPKP. Karena gedung itu sudah sah menjadi milik Pemkab, maka sudah dapat dilanjutkan pembangunannya.

Ditambahkan, jika gedung serba guna sudah rampung dan fungsional, maka akan sangat bermamfaat bagi daerah dari segi PAD. Sebab di gedung tersebut juga terdapat fasilitas olah raga, mes penginapan dan aula yang dapat menampung hampir seribuan orang. (san/slm)