Pemuda Diajak Jadi Pelopor Makmurkan Masjid

Rakyat Aceh

LANGSA (RA) – Kepala Dinas Syari’at Islam Kota Langsa Drs H Ibrahim Latif MM mengajak para pemuda dan remaja di Kota Langsa untuk menjadi pelopor kemakmuran masjid di setiap gampong.

Permintaan tersebut disampaikan ketika membuka acara pelatihan takmir masjid, Kamis (25/7), di masjid Muwahiddin Gampong Jawa Kecamatan Langsa Kota.

Kegiatan pelatihan takmir masjid diselenggarakan oleh Dinas Syari’at Islam Aceh bekerjasama dengan Dinas Syari’at Islam Kota Langsa. Acara berlangsung selama dua hari, diikuti 30 orang peserta yang terdiri dari para imam masjid, pemuda dan remaja dan pengurus badan kemakmuran masjid (BKM) dalam wilayah pemerintahan Kota Langsa.

Ibrahim Latif berharap kepada para peserta, setelah mengikuti pelatihan dapat menjadi pelopor kemakmuran masjid di gampong masing masing dan mengajak serta mendakwahkan masyarakat.

“Pemuda dan remaja bergabung dalam satu tim pelopor kemakmuran masjid di gampong masing masing serta menjadi pejuang dan pecinta Subuh berjamaah di setiap masjid dalam wilayah kota Langsa dan sekitarnya,”ujarnya.

Dalam pelatihan tersebut menampilkan enam orang pemateri yakni Muhibuthibri, S. Ag atas nama kepala Dinas Syari’at Islam Aceh dengan materi Kebijakan pemerintah Aceh tentang pelaksanaan syari’at islam, kemudian DR. Fauzuddin, MA dari kantor wilayah kementerian agama Agama Aceh, kemudian Tgk Zulfahmi Aron dari Himpunan Dayah/ Huda Aceh dengan materi Revilitasi peran dan fungsi masjid sebagai pusat kegiatan dakwah dan pembinaan umat.

Selanjutnya Ustadz Haji Muhammad Thabri, Lc dari MPU Aceh dengan materi fiqih mazhab dan tasamuh (toleransi) dalam persoalan ibadah. Kemudian Drs H Hasanuddin, MH dari LPTQ dengan materi peningkatan kapasitas pengurus masjid dalam bacaan dan pemahaman Al Quran dan yang terakhir partisipasi masyarakat dalam memakmurkan masjid disampaikan oleh kepala Dinas Syari’at Islam Kota Langsa Drs H Ibrahim Latif MM.

“Kita berharap kepada para peserta pelatihan agar dapat mengembangkan dan mentranferkan pengetahuan yang diperoleh dalam kegiatan ini kepada masyarakat luas yang pada akhirnya umat dapat mencintai masjid, menjadi pelopor kemakmuran masjid di gampong masing masing. ” Demikian harapnya. (ris/slm)