Menu

Mode Gelap
Korban Erupsi Gunung Marapi Ditemukan 1,5 Km dari Kawah Cak Imin Resmikan Posko Pemenangan Musannif bin Sanusi (MBS) Perangkat Desa Sekitar Tambang Tantang Asisten Pemerintahan dan Dewan Lihat Objektif Rekrutmen Pekerja PT AMM Golkar Aceh Peringati Maulid Nabi dan Gelar TOT bagi Saksi Pemilu Ratusan Masyarakat Gurah Peukan Bada Juga Rasakan Manfaat Pasar Murah

METROPOLIS · 30 Jul 2019 05:50 WIB ·

DPRK Banda Aceh Sayangkan PDAM Tirta Daroy Tidak Sumbang PAD


 Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Kota (DPRK) Banda Aceh Zulfikar Abdullah, ST.  FOTO ABI DANIS Perbesar

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Kota (DPRK) Banda Aceh Zulfikar Abdullah, ST. FOTO ABI DANIS

BANDA ACEH (RA) – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Kota (DPRK) Banda Aceh Zulfikar Abdullah, ST sayangkan PDAM Tirta Daroy belum dapat memberikan kontribusi Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Pasalnya, dalam dokumen Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Priorotas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) Kota Banda Aceh tahun 2020 yang diserahkan kepada DPRK, PDAM Tirta Daroy tidak menghasilkan PAD.

Menurut Politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini, seharusnya PDAM sudah dapat memberikan kontribusi PAD bagi Kota Banda Aceh. Apalagi sejak Agustus 2017 sudah ada penyesuaian tarif baru.

“Kalau memang PDAM belum berlaba dan belum dapat menyumbang pendapatan bagi kota, kenyataannya PDAM mampu mensuport berbagai kegiatan pemerintah dan swasta,” kata Zulfikar, Senin (30/7).

Namun dirinya tidak mempermasalahkan PDAM memberikan dukungan terhadap kegiatan – kegiatan dilaksanakan pemerintah dan swasta. Sepanjang kegiatan tersebut memberikan kontribusi langsung kepada masyarakat.

“Kita sangat sayangkan, sementara selama ini PDAM aktif mensuport berbagai even. Artinya, yang namanya mampu mensuport, berartikan punya anggaran lebih.”Ujarnya.

Dirinya berharap, mudah mudahan ada kebijakan dari walikota dan direktur untuk mendorong kinerja PDAM untuk lebih baik lagi dan mampu berperan dan memberikan kontribusi  terhadap pembangunan kota.

Dirinya mencontohkan, Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Banda Aceh saja bisa diproyeksikan untuk menghasilkan PAD Rp500 juta pada 2020.

Untuk itulah, dirinya berharap agar tahun depan PDAM Tirta Daroy dapat ikut menyumbang PAD. Apalagi mengingat selama ini, secara teknis kebutuhan PDMA sudah dipenuhi oleh dinas teknis. “Masih ada waktu bagi PDAM berbenah diri sebelum pengesahan APBK 2020 pada 30 November 2019. (ra)

Artikel ini telah dibaca 11 kali

badge-check

Penulis

Comments are closed.

Baca Lainnya

Kasus Korupsi di Aceh semakin marak, puluhan pemuda dari Gerakan Pemuda Islam (GPI) Aceh Demonstrasi di Kejati Aceh

17 July 2024 - 18:14 WIB

Donor Darah di PMI Kota Banda Aceh, Pj Ketua PKK Aceh Ajak Masyarakat Rutin Donor Darah

17 July 2024 - 17:45 WIB

RS Pendidikan USK Pusat Layanan Vaksinasi Banda Aceh dan Aceh Besar

17 July 2024 - 17:43 WIB

Promosi Judi Online, Seorang Selebgram Asal Aceh Jaya Ditetapkan sebagai Tersangka

17 July 2024 - 16:39 WIB

Hari Ketiga Ops Patuh Seulawah, Lantas Polda Aceh Bagikan Brosur Tertib Berlalulintas

17 July 2024 - 16:36 WIB

Antisipasi Konser Langgar Syariat, Fachrul Razi Kembangkan Pusat Rapai Aceh di Banda Aceh

17 July 2024 - 16:33 WIB

Trending di METROPOLIS