Korban Keracunan Bertambah

Korban keracunan mendapatkan perawatan di Pukesmas Lampahan, Kecamatan Timang Gajah, Bener Meriah, Rabu (31/7).MASHURI/RAKYAT ACEH

REDELONG (RA) – Korban keracunan makanan di SDN Badar Lampahan dan mendapat perawatan di Pukesmas hingga malam pukul 23:00 WIB mencapai sebanyak 32 anak.

Petugas Pukesmas, Dewi, kepada Rakyat Aceh Rabu (31/7) menyebutkan dari 34 anak, 11 diantaranya merupakan pasien rawat jalan sementara 21 anak harus dirawat inap.

Selain itu, korban yang dirujuk ke RSU Muyang Kute Bener Meriah juga bertambah sebelumnya hanya satu orang menjadi 5 orang anak dengan kondisi sangat lemas.

Ia menceritakan anak korban keracunan mulai berdatangan sejak pukul 15. 00 WIB dan hingga pukul 18.00 WIB korban yang dirawat inap mencapai 16 orang dan terus bertambah hingga tengah malam.

“Sebahagian korban sebelumnya rawat jalan, tadi malam kembali diantar pihak keluarga akibat mengeluh pusing dan sakit kepala,” ungkapnya.

Menurutnya hingga siang, seluruh pasien dirawat di Pukesmas Lampahan sudah mulai membaik dan diperbolehkan pulang. Sementara guru honorer selaku penjual makanan saat ini dirawat di Pukesmas diduga menderita hipertensi.

Sementara itu, salah seorang pegawai RSU Myang Kute Bener Meriah, Yuli, kepada Rakyat Aceh menyampaikan lima pasien yang dirujuk hingga tengah malam kemarin mencapai 5 orang dan masih di rawat di RSU Muyang Kute.“ Paisen masih mengalami mules, pusing, muntah dan diare” ungkapnya

Adapun kelima pasien dirujuk merupakan warga Kecamatan Timanggajah antara lain Sait (6) warga Lampahan, Zafira (9) warga Burnitelong, Sahri Setiawan (8) warga Rembune Sarifah Nurul Husna (10) dan Alfitra (8 ) warga Penara Timang Gajah.

Sementara itu Kapolres Bener Meriah AKBP Fahmi Irwan Ramli didampingi Kapolsek Timang Gajah Iptu Jufrizal,SH ketika mengujungi pasien rawat inap di Puskesmas Lampahan, kondisi para anak yang dirawat sudah mulai membaik.

kepada keluarga pasien ia juga pesan agar para orang tua memperhatikan sarapan pagi dan bekal buat anak dan mengingatkan anak untuk tidak jajan sembarang.

Pantauan Rakyat Aceh, sebelumnya Bupati Bener Meriah Tgk H Sarkawi didampingi Kepala Dinas Pendidikan juga meninjau langsung pasien yang dirawat di Pukesmas Lampahan Kecamatan Timang Gajah. (uri/min)