Abusyik Lepas 393 JCH ke Tanah Suci

BANDA ACEH (RA) – Bupati Pidie Roni Ahmad (Abusyik) melepas keberangkatan 393 Jamaah Calon Haji (JCH) asal Pidie yang bergabung dalam Kloter-11, di Aula Utama Asrama Haji Embarkasi Aceh, di Banda Aceh, Jum’at (2/8/2019) malam.

Jamaah kloter 11 ini semuanya berasal dari Kabupaten Pidie.

Prosesi pelepasan ditandai dengan penyematan syal dan penyerahan bendera merah putih kepada pimpinan rombongan dan seorang perwakilan perempuan.

Abusyik mengungkapkan rasa bahagianya, dan berpesan kepada CJH agar selama di Tanah Suci senantiasa menjaga kesehatan fisik dan mental, disertai harapan agar para jamaah dapat memperoleh haji yang mabrur.

“Fisik dan mental selama di tanah suci harus dijaga dengan baik. Saling membantu, dan istirahatlah yang cukup agar bisa menjalankan ibadah dengan khusuk,” ujar Abusyik.

Dalam sambutannya, Abusyik juga mengajak masyarakat mendoakan JCH agar selama menunaikan rukun islam kelima ini senantiasa diberkati oleh Yang Maha Kuasa dan kembali ke Pidie menjadi pendamai dan penyejuk.

“Atas nama jajaran Pemerintah dan seluruh masyarakat Pidie, kami menyampaikan selamat menunaikan ibadah haji. Selamat jalan para calon tamu Allah. Berdoalah untuk kemakmuran, kesejahteraan, dan kedamaian masyarakat Pidie pada khususnya dan masyarakat Aceh pada umumnya,” pesan Abusyik.

“Semoga ibadah di tanah suci dilancarkan, dimudahkan oleh Allah, dan pulang kembali ke tanah air dalam keadaan sehat walafiat dengan membawa kemenangan, yakni predikat haji mabrur,” pungkas Roni Ahmad.

Sementara itu, Kabag Humas dan Protokol Pemkab Pidie, Muhammad Fadhil menyebutkan total keseluruhan CJH asal Pidie yang menunaikan ibadah haji tahun ini adalah sebanyak 461 orang yang diberangkat dalam tiga kloter. Dari jumlah itu, yang tergabung dalam kloter-11 adalah sebanyak 393 orang.

“Jamaah tiba di Asrama Haji Ambarkasi Aceh pada hari Jum’at pukul 08.35 Wib, dan terbang ke Arab Saudi menggunakan pesawat Garuda Indonesia Boeing 777-300ER, melalui Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda Blang Bintang Aceh Besar pada Sabtu, dinihari,” terang Muhammad Fadhil.

Adapun CJH tertua dari kloter 11 adalah Muhammad Yusuf Hasan bin Hasan Yahya, usia 94 tahun. Sedangkan jamaah termuda Dilla Bunayya Binti Husaini berusia 18 tahun. Ia juga termasuk jamaah calon haji termuda se-Aceh.

Pelepasan Jamaah Calon Haji tersebut turut dihadiri Perwakilan Kementerian Agama Wilayah Aceh, Kakanwil Kemenag Provinsi Aceh, Drs H M Daud Pakeh, Plt Sekretaris Daerah Kabupaten Pidie, H Maddan, serta Kepala Dinas Syariat Islam Pidie, Teuku Sabirin SH MM. (ra)