Phonna, Utusan Dayah Darul Ihsan juara III MHQ Asean

Phonna, Utusan Dayah Darul Ihsan juara III MHQ Asean
MEDAN (RA)  – Zulfa Phonna, utusan Dayah Darul Ihsan Abu Hasan Krueng Kalee raih juara III Musabaqah Hifdzil Quran (MHQ) tingkat ASEAN ke – V  yang digelar di Deli Serdang, Sumatera Utara, 3-4 Agustus 2019.

Cabang MHQ  ASEAN 30 juz ada tiga juara, juara I diraih oleh Ali Sohoet Siegar utusan PP AL Mukhlisin Sihubuan, Sumatera Utara. Juara II diraih oleh Maulana Yusuf Daulay utusan
PP AR – Raudhah Beringin, Sumut dan juara III diraih oleh Zulfa Fonna utusan Dayah Darul Ihsan Abu Hasan Krueng Kalee asal Aceh Besar.

Pimpinan Dayah, Tgk Muhammad Faisal, mengapreasi dan bersyukur atas perolehan juara ini, Walaupun Dayah Darul Ihsan program unggulannya Kitab Kuning, Bahasa Arab dan Inggris, namun berkat program Ekstrakurikuler (Ekskul) yang menampung bakat dan minat santri menurut keahlian masing-masing santri, alhamdulillah tercapai sebagaimana direncakan.

“Program reguler yang ada dalam kurikulum akademik perminggu hanya  satu kali tatap muka dan dayah hanya mewajibkan santri khatam hafalan tiga juz, itupun setelah lewat tahsin di tingkat Tsanawiyah atau kelas I Aliyah jika santri masuk di tingkat aliyah” terang Tgk Faisal

Zulfa Phonna adalah santri Madrasah Aliyah (MA) kelas lima di  Dayah Darul Ihsan Abu Hasan Krueng Kalee, Siem, Darussalam Aceh Besar.

Phonna, mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang sudah membimbingnya selama ini.
Terutama guru tahfiz ust Azwir Hasballah, terkhusus juga kepada guru Aqidah dan Tasauf, Ust Mustafa Husen Woyla dan sejumlah guru lainnya.

Phonna berharap kepada kawan-kawan dayah tahfiz dari Aceh yang ikut sebagai peserta namun belum meraih juara, semoga di MHQ ke depan, yakni ke VI, Aceh akan lebih unggul.

Diketahui, selain Juara III Musabaqah Hifdzil Quran (MHQ) tingkat ASEAN ini, Phonna sudah pernah meraih juara di sejumlah event lain. Berikut rinciannya;

* Juara II Tahfidh 10 J.uz tingkat Kabupaten Aceh Besar 2018.
*Juara I Tahfidh 10 Juz Tingkat SMP /MTsS pada acara HUT PMA UIN Ar-Raniry 2017.
*Juara Harapa7.n 1 Tahfidh 10 Juz Tingkat Provinsi Aceh pada  Acara IKAT 2017
*Juara harapan II Tahfidh satu Juz dan Tilawah Pada Acara MTQ Aceh Besar 2014.
*Juara II cabang MHQ Olimpiade Pencinta Al-Quran ke 2 tingkat Provinsi Aceh.
* Juara II Tahfidh 10 Juz putra pada acara MUQAS se kota Banda Aceh dan Aceh Besar tahun 2017.
* Juara 1 Tahfidh 10 Juz pada acara PORSENI Aceh Besar 2018.

Humas Dayah Abu Hasan Kreung Kale, Tgk. Mustafa Husen Woila, sangat merasa bersyukur dengan terpilihnya santri dayah mereka pada ajang MTQ asen tersebut.

(adi/mur)